Ini “Bocoran” Gaji Pegawai Perusahaan Telko di Indonesia

                             Industri telekomunikasi (telko) sedang tumbuh pesat, menyusul perkembangan dunia digital yang makin progresif. Alhasil, industri tersebut dianggap "berkilau" bagi para pemburu kerja, utamanya dalam urusan gaji dan tunjangan.Untuk mengabsahkan anggapan tersebut, situs online berbagi informasi dunia kerja "Jobplanet" menganalisis tingkat kepuasan karyawan perusahaan telko di Indonesia terhadap gaji dan tunjangan mereka. 

Setidaknya ada sepuluh sampel perusahaan telko yang dianalisis berdasarkan Review yang dimasukkan karyawan masing-masing, sebagaimana tertera pada keterangan pers yang diterima KompasTekno, Kamis (11/2/2016).

Kesepuluhnya adalah PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Indosat Ooredoo (Indosat), PT XL Axiata Tbk (XL), PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren), PT Telkom Akses, PT Huawei Tech Invesment (Huawei), PT Sigma Cipta Caraka (Telkom Sigma), PT Ericsson Indonesia (Ericsson), dan PT Supra Primatama Nusantara (Biznet).

Hasil analisis menunjukkan, rating kepuasan karyawan Telkomsel, Ericsson, Telkom, XL, dan Biznet, berada di atas rata-rata tingkat kepuasan karyawan perusahaan telko secara keseluruhan.

Rentang gaji

Untuk profesi staff di bidang teknis (TI, R&D, dll) pada perusahaan telko, kisaran gajinya antara Rp 4,1 juta hingga Rp 7,6 juta.

Sementara itu, rata-rata gaji staf non-teknis (sales, marketing, desain, dll) berkisar Rp 3 juta hingga Rp 8,2 juta.

Di level manajer teknis, gajinya mulai Rp 10,3 juta sampai Rp 20,75 juta. Sedangkan manajer non-teknis memiliki gaji Rp 9,75 juta hingga Rp 22,6 juta.

Tingkat kepuasan

Dari sepuluh perusahaan, karyawan Telkomsel mengaku paling puas dengan gaji dan tunjangan yang diberikan. Operator pelat merah tersebut meraup nilai 3,9.

Beda tipis, Ericsson mendapat nilai kepuasan 3,8; Telkom 3,7; XL 3,6; dan Biznet 3,5. Di bawah lima perusahaan tersebut, ada Indosat (3,3), Smartfren (3,2), Huawei (3,2), Telkom Sigma (3,2) dan Telkom Akses (3,1).

“Gaji dan tunjangan merupakan bentuk penghargaan dari perusahaan atas kontribusi karyawan, yang juga sangat memengaruhi kinerja dan tingkat kepuasan karyawan terhadap perusahaan,” kata Chief Product Officer Jobplanet Indonesia Kemas Antonius.

“Meski begitu, gaji dan tunjangan hanyalah salah satu faktor yang menentukan tingkat kepuasan karyawan secara keseluruhan. Faktor-faktor lainnya yang turut menentukan adalah jenjang karier, work-life balance, budaya perusahaan, dan manajemen,” ia menambahkan.

Diketahui, hingga akhir Januari 2016, ada 280 perusahaan telko yang terdaftar dalam situs Jobplanet. Jumlah itu meliputi perusahaan operator, penyedia perangkat jaringan, serta penyedia layanan infrastruktur dan jaringan internet.

Dari seluruh perusahaan telko yang terdaftar, rata-rata tingkat kepuasan karyawan terhadap gaji dan tunjangan mereka berada pada rating 3,3 dari rating tertinggi 5,0 yang mewakili penilaian “sangat puas”.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: