Inikah Sensor Kamera Canggih untuk Xperia Z6?

                             Perkembangan teknologi kamera ponsel terus melangkah maju. Sony, pabrikan yang dikenal mendominasi pasaran sensor kamera ponsel, baru saja memperkenalkan sensor baru dengan resolusi 22,5 megapixel.

Seperti dirangkum KompasTekno dari PhoneArena, Rabu (17/2/2016), sensor bernama “IMX318 “ itu disinyalir bakal tertanam di smartphone flaghsip berikutnya dari Sony, Xperia Z6.

Sang sensor dibekali aneka rupa teknologi tercanggih yang baru diterapkan di smartphone, seperti peredam goyangan (image stablizer) 3-axis untuk perekaman video.

Ada juga “hybrid auto-focus” yang diklaim mampu mengunci fokus dalam waktu sangat singkat, hanya 0,03 detik.

Sony Sensor kamera smartphone IMX318 dari Sony memiliki ukuran fisik 1/2,6 inci Kata “hybrid” pada teknologi ini mengacu pada digunakannya dua jenis metode fokus otomatis, yakni contrast detect dan phase detect yang umum dipakai di kamera tipe DSLR.

Bedanya dengan DSLR, modul AF phase detect tidak dibuat terpisah, tapi meyatu dengan keseluruhan rangkaian sensor.

Sebelumnya, Sony telah menerapkan teknologi hybrid auto-focus di jajaran kamera mirrorless miliknya seperti seri a6000 dan keluarga A7.

Mengingat reputasi Sony yang mentereng sebagai pabrikan sensor kamera, boleh jadi komponen yang satu ini akan turut disematkan di smartphone flagship dari brand lain seperti Samsung Galaxy Note 6 atau iPhone 7.

Demonstrasi teknologi image stabilizer dan hybrid auto-focus pada IMX318 dapat dilihat dalam dua video di bawah.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: