Kemenkominfo: Istri Menteri Wakili Oase, Bukan Pimpin Rapat

                            JAKARTA,  Beberapa hari belakangan heboh persoalan istri Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang disebut memimpin sebuah rapat dari Direktorat Pemberdayaan Informatika. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) pun langsung memberikan klarifikasi.

Dalam surat undangan yang beredar di media sosial, penyelenggaraan rapat tersebut dijadwalkan pada Selasa (16/2/2016) lalu, bertempat di Ruang Rapat Amir Sjarifudin, Gedung Kemenkominfo.

Sebenarnya rapat ini membahas soal internet sehat dan kaderisasi agen perubahan informatika yang akan mempromosikan pemanfaatan internet yang positif.

Namun menjadi masalah karena dalam undangan tercantum nama istri Menkominfo Rudiantara, yaitu Triana Rudiantara sebagai pimpinan rapat.

screenshot Undangan rapat Direktorat Pemberdayaan Informatika, KemenkominfoKepala Pusat Informasi dan Humas Kominfo, Ismail Cawidu memastikan rapat itu memang ada.

Namun dia mengklarifikasi kehadiran Triana sebagai perwakilan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kerja (OASE), bukan pimpinan rapat.

Selain Triana, turut hadir sejumlah pemangku kepentingan yang juga memberi masukan dan berniat menyukseskan program internet sehat.

“Ibu Triana hadir dalam kapasitasnya sebagai bagian dari OASE yang peduli dengan besarnya dampak negatif TIK dan internet. Sementara itu ada Ibu Elly Risman yang hadir dikarenakan pengalaman dan aksi nyata dari Yayasan Kita dan Buah Hati (YKBH) dalam mengurangi adiksi internet dan pornografi,” ujar Ismail dalam pesan singkat pada KompasTekno, Rabu (17/2/2016).

“Pak Yamin juga hadir karena Nawala Nusantara telah berkomitmen dalam penyediaan konten positif. Dan berbagai stake holder lainnya yang sudah menunjukkan kepedulian dan berbagi peran,” imbuhnya.

Harapannya, pengetahuan soal penanganan dampak negatif TIK dan internet akan memperkuat agen perubahan informatika.

Agen-agen ini mesti cepat tanggap dalam mendidik serta mempromosikan konten-konten positif di internet, sekaligus mengurangi penyalahgunaan serta jumlah konten negatif.

“Jadi ini bukan kegiatan ibu dharma wanita karena ibu menteri hadir mewakili OASE,” pungkas Ismail.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: