Mampir ke Facebook, Apa yang Dilakukan Jokowi?

                            SAN FRANCISCO,  Usai berpidato di ajang ASEAN-AS Business Council, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Silicon Valley. Tujuan pertamanya adalah mengunjungi kantor Facebook.Di sana, presiden diagendakan untuk rapat tertutup dengan CEO Facebook Mark Zuckerberg sekaligus menjajal Oculus Rift dan bertemu dengan sejumlah pegawai Facebook asal Indonesia di Roof Top Garden.

Saat bertemu dengan Zuckerberg, Jokowi menyatakan harapannya agar raksasa media sosial tersebut bisa membantu mewujudkan visi mengembangkan Indonesia menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

“Saya harap Facebook dapat kerja sama dalam upaya Indonesia mencapai visi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara yang mencapai 130 miliar dolar AS pada 2020,” ujar presiden seperti dikutip KompasTekno dari Antara, Kamis (18/2/2016).

Menurut Jokowi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dipicu oleh perkembangan usaha kecil menengah (UKM). Untuk itu disiapkan sejumlah rencana menengah dan jangka panjang dengan fokus pada memberikan akses digital kepada UKM.

Potensi ekonomi digital Indonesia saat ini terlihat dari besarnya nilai transaksi e-commerce. Tahun 2013, nilai transaksi e-commerce di Tanah Air tercatat sebesar 8 miliar dollar AS atau setara Rp 107,9 triliun. Pada  2014 angka ini tumbuh hingga 12 miliar dollar AS atau setara Rp 161,9 triliun.

Nilai transaksi tersebut diprediksi bakal terus meningkat hingga mencapai 24,6 miliar dollar AS atau setara Rp 331,9 triliun pada 2016.

Selain itu Indonesia juga memiliki program 1.000 technopreneur yang ditarget terwujud pada 2020 mendatang. Melalui program ini diharapkan akan lahir 200 technopreneur berkualitas setiap tahun.

Presiden pun berjanji mempermudah pengurusan izin usaha startup agar para investor tertarik masuk.

Selain topik ekonomi digital, Jokowi juga meminta dukungan Facebook terkait inisiasi program “Empowering Leaders of Peace through Digital Platform” yang telah diserukan ke para pemimpin ASEAN dan AS dalam KTT di Sunnylands pada 15-16 Februari 2016.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: