Megapiksel Turun, Kemampuan Kamera Galaxy S7 Malah Berlebih

                            BARCELONA,  Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge mengusung kamera dengan kualitas sensor 12 megapiksel atau lebih kecil dari lini flagship sebelumnya. 

Hal itu terungkap dalam acara peluncuran bertajuk “Samsung Galaxy Unpacked”, Minggu (21/2/2016) di Barcelona, sebagaimana dilaporkan langsung oleh KompasTekno.

Keputusan Samsung bisa jadi mengecewakan para penggila foto. Pasalnya, sejak 2014 silam, flagship keluaran Samsung sudah dilengkapi kamera 16 megapiksel.

Pun begitu, penurunan resolusi kamera tak serta-merta menjadikan kamera Galaxy S7 dan S7 Edge lebih buruk dari pendahulunya. Duo Galaxy S7 bisa disebut malah lebih baik ketimbang pendahulunya.
Dilihat dari bukaannya, kamera duet Galaxy S7 meningkat 25 persen dari Galaxy S6. Flagship tersebut memiliki bukaan f/1.7 dari yang sebelumnya f/1.9. Ukuran per pikselnya pun berubah dari 1.12 µm ke 1.4 µm.

Ini berarti Galaxy S7 merupakan smartphone pertama dan satu-satunya saat ini yang memiliki kamera dengan aperture f/1.7. Lebih baik ketimbang iPhone 6s sekalipun dengan bukaan kamera f/2.2.

Dengan bukaan f/1.7, kamera Galaxy S7 bakal lebih prima saat menjepret gambar di malam hari atau di tempat-tempat dengan minim cahaya (low-light). Hasil foto Galaxy S7 dikatakan bisa 95 persen lebih terang dibandingkan Galaxy S6.

“Vendor lain fokus meningkatkan kemampuan kamera untuk daylight. Kami memilih memaksimalkan kemampuan pada kondisi low-light,” kata Senior VP Product Strategy Samsung Justin Denison.

Kamera Galaxy S7 dan S7 Edge juga dibekali dengan teknologi Smart OIS (optical image stabilization) yang menjaga optik kamera tetap stabil.

Dari segi desain, cangkang lensa kamera pada Galaxy S7 jauh lebih tipis dari suksesornya, yakni hanya 0,46 mm atau hampir rata dengan bodi. Pada Galaxy S6, ketebalan lensa kamera mencapai 1,7 mm.

Untuk urusan selfie, Galaxy S7 dan S7 Edge dibekali kamera depan 5 megapiksel yang dilengkapi dengan selfie flash dan fitur wide angle.

Fatimah Kartini Bohang Tampak atas Samsung Galaxy S7 Edge
Dual Pixel
Selain bukaan yang lebih mantap, kamera Galaxy S7 dan S7 Edge juga dilengkapi teknologi “dual pixel”. Teknologi tersebut diklaim baru pertama kali disematkan pada sebuah smartphone. Sebelumnya, dual pixel dikatakan hanya ramai pada industri kamera “serius” seperti SLR.
Kegunaan utamanya mencakup dua hal. Pertama, mempercepat pendeteksian fokus otomatis (autofocus) gambar sehingga hasil jepretan tetap cantik meski dalam keadaan tergesa-gesa.
Kedua, memungkinkan kamera membidik gambar ke lebih dari satu fokus sekaligus. Jika diibaratkan mata, dual pixel memungkinkan mata kiri dan kanan manusia melihat dua hal berbeda dengan fokus yang sama. 

“Ini adalah kamera terbaik di industri smartphone,” lanjut Denison.

Diketahui, Galaxy S7 dan S7 Edge secara berurutan mengusung layar 5,1 inci dan 5,5 inci. RAM 4 GB dianggap cukup menjalankan beragam aktivitas yang dipersenjatai prosesor Exynos 8890 buatan Samsung. Adapun sistem operasinya berjalan pada Android Marshmallow 6.0.1.
Kapasitas baterai ditingkatkan menjadi 3000 mAH untuk Galaxy S7 dan 3600 mAH untuk Galaxy S7 Edge. Samsung juga menghadirkan sistem pendingin (cooling system) untuk mencegah ponsel cepat panas dalam penjajalan aplikasi, utamanya saat main game.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: