Obama, Begini Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Gedung Putih

                             Kualitas koneksi nirkabel WiFi yang buruk banyak dikeluhkan pengguna baik di rumah maupun kantor. Masalah ini bisa membuat segala kegiatan terhambat, terutama ketika internet telah jadi bagian dari hidup sehari-hari.Masalah sinyal WiFi yang "putus nyambung" ternyata juga dialami orang nomor satu di Amerika Serikat. Presiden AS Barrack Obama ternyata juga ikut mengeluhkan koneksi internet WiFi di kantor sekaligus tempat tinggalnya.

“Ini (Gedung Putih) bangunan kuno, jadi banyak dead spot dimana Wi-Fi sering tidak nyambung,” kata Obama seperti dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Selasa (9/2/2016).

Istri Obama juga mengamininya dengan mengangguk saat Obama mengatakan demikian. Tak ketinggalan kedua putrinya, Malia dan Natasha yang juga mengaku sering dibuat jengkel dengan kondisi WiFi tersebut.

Masalah sinyal WiFi “lemot” yang dialami Obama sekeluarga sebetulnya mudah diatasi. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek router yang digunakan. Pasalnya, mulai dari posisi sampai pengaturan router ini akan berpengaruh pada kuat atau tidaknya sinyal WiFi.
Saat mengecek router pastikan menjajal 10 langkah sederhana ini:
1. Cek posisi router

Mengecek posisi router terkesan hal sepele, padahal efeknya bisa signifikan. Router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Karena itu, sebaiknya letakkan router di bagian tengah ruangan.

Bila router diletakkan di samping jendela, maka ada sinyal yang dikirimkan ke luar. Ini akan membuat WiFi tersebut sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bagian ruangan.
2. Jangan diletakkan di lantai

Letakkan router di tempat yang tinggi, misalnya meja atau lemari. Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan karena router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. Selain itu, lantai mengandung bahan semen, beton, dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.
3. Letakkan router di tempat terbaik

Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan tempat menyimpan router tersebut. Atas dasar itu, sebaiknya meletakkan router tersebut dalam ruangan yang sering digunakan saat menggunakan internet.
4. Pilih tempat terbuka

Ada banyak bahan yang bisa menyerap sinyal router dan mengurangi kinerjanya. Untuk menjaga agar kinerja sinyal tetap optimal, sebaiknya tidak meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta membuat router tersebut dapat terlihat dari manapun.
5. Jauhkan dari elektronik lain

Jauhkan router dari perangkat elektronik lain, seperti microwave, telepon nirkabel, serta TV. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik bisa mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.
6. Atur antena agar berdiri

Atur agar antena router berada di posisi vertikal. Posisi ini akan membuat sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi lebih mudah menjangkau seluruh bagian ruangan.
7. Periksa kekuatan sinyal

Ada sejumlah aplikasi, seperti Cloudcheck atau Amped yang dapat digunakan untuk keperluan ini. Saat mengecek sinyal, bisa dipetakan bagian mana yang menerima sinyal kuat dan mana yang menerima sinyal lemah.
8. Atur piranti lunak router

Mempercepat koneksi WiFi juga bisa dilakukan dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini bisa dibuka melalui IP khusus, biasanya 192.168.1.1.
Setelah masuk ke dalam menu pengaturan, ubahlah channel frekuensi router tersebut. Biasanya ada 14 channel yang bisa dipilih. Channel terbaik biasanya adalah 1, 6, dan 11. Channel tersebut cenderung minim gangguan karena jarang bersinggungan dengan channel yang digunakan orang lain.
Selain pengaturan channel, cek juga pemutakhiran firmware. Biasanya pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.
9. Lakukan speed test

Lakukan speed test untuk mengetahui letak masalah koneksi WiFi. Pertama cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa menggunakan koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti masalah ada pada penyedia layanan internet yang digunakan.
10. Beli router baru

Ini adalah jalan terakhir. Bila semua sudah dicoba dan sudah memastikan masalah tidak berasal dari penyedia layanan internet, belilah router baru.

Sepuluh tips di atas tentu saja sudah dilakukan tim TI Gedung Putih namun bisa berguna untuk mengatasi masalah sinyal WiFi di rumah atau kantor Anda. Selamat mencoba.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: