Pemenang Tender Palapa Ring Paket Barat Diumumkan Minggu Ini

                            JAKARTA,  Pemerintah akan mengumumkan pemenang tender proyek Palapa Ring II untuk wilayah barat pada minggu ini.Hal tersebut seperti disampaikan oleh Menteri komunikasi dan Informatika Rudiantara, seusai meresmikan Pusat Inovasi Kominfo - Huawei di Jakarta, Selasa (19/1/2016).

“Minggu ini, akan diumumkan siapa pemenangnya untuk paket barat,” ujar Rudiantara kepada KompasTekno.

Proyek Palapa Ring II untuk wilayah barat menurut Rudiantara bisa lebih cepat diimplementasikan karena sebagian besar menggunakan jaringan kabel optik bawah laut.

Sementara untuk wilayah timur, seperti di Papua, pemerintah harus memasuki pedalaman untuk menghubungkan semua kabupaten dan kotamadya dengan jaringan internet.

Seperti diketahui, proyek pengerjaan Palapa Ring II ini dibagi menjadi tiga paket, yakni Paket Barat, Paket Tengah, dan Paket Timur.

Untuk pengerjaan di Paket Barat, peserta tender terdiri atas lima perusahaan, yaitu konsorsium yang dibentuk antara Indosat Ooredoo dengan XL Axiata, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk., Konsorsium Super Sistem Ultime-Huawei, Konsorsium Mora Telematika Indonesia-Ketrosden Triasmitra, dan PT iForte Solusi Infotek.

Paket Barat akan membentangkan kabel optik laut sepanjang 1.122 kilometer dengan estimasi dana mencapai 40,39 juta dollar AS (sekitar Rp 560 miliar).

Begitu selesai, Palapa Ring II akan menjadi tulang punggung internet pita lebar bagi 33 propinsi di Indonesia.

Menkominfo Rudiantara mengatakan bahwa proyek Palapa Ring II ini ditargetkan selesai pada 2018 nanti.

“Proyek ini sudah direncanakan sejak 10 tahun lalu, saya yakin proyek ini akan tetap berjalan dengan baik,” ujarnya.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: