Rumor Otak iPhone yang Akan Datang

                             Tak sampai sebulan ke depan, Apple bakal meluncurkan iPhone 5SE yang berukuran 4 inci. Desas-desus yang beredar pun semakin ramai, salah satunya membocorkan soal otak pemrosesan gadget tersebut.Ada kemungkinan bahwa iPhone 5SE akan menggunakan chipset Apple A9 sebagai otak pemrosesannya. Sedangkan iPad Air 3, yang diprediksi meluncur dalam waktu sama, memakai chipset Apple A9X.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (19/2/2016), chipset tersebut merupakan seri termutkhir saat ini dan dirancang dengan arsitektur 64-bit.

Seri A9 saat ini dipakai oleh iPhone 6S dan 6S Plus. Bila benar iPhone 5SE memakai otak pemrosesan serupa, maka bisa dibayangkan betapa kinerja ponsel 4 inci tersebut akan mulus.

Kendati demikian tak semua fitur iPhone 6S dipindahkan. Kemungkinan, iPhone 5SE tak akan dibekali fitur 3D Touch, hanya ada NFC dan Live Photo saja.

Bukan cuma iPhone seri baru itu saja yang dapat pemutakhiran. Chipset A9X yang disebut-sebut bakal dipakai iPad Air 3 merupakan seri termutakhir saat ini.

Apple baru menggunakan chipset A9X itu untuk iPad Pro yang memiliki layar 12,9 inci. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa iPad Air 3 nanti akan dilengkapi dengan Apple Pencil, layar 4K serta dukungan 3D Touch.

Sebelumnya, Apple diprediksi akan meluncurkan iPhone 5SE dan iPad Air 3 pada 15 Maret mendatang. Penggemar kedua perangkat genggam itu pun tak harus menunggu waktu lama untuk mendapatkannya, rencananya penjualan dimulai pada 18 Maret.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: