Smartfren: Operator Lain Ada yang Sudah VoLTE?

                            JAKARTA,  PT Smartfren Telecom (Smartfren) jadi yang pertama merilis perangkat dengan teknologi Voice over LTE (VoLTE). Bisakah teknologi ini dipakai telepon lintas operator?"Saya mau tanya dulu. Operator lain yang punya VoLTE siapa? Jadi mau VoLTE ke siapa?"  jawab Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys, saat mendapat pertanyaan tersebut di sela peluncurkan Andromax R2 dan E2, Jakarta, Jumat (19/2/2016).

VoLTE berbeda dengan telepon biasa. Teknologi baru ini berbasis layanan data 4G LTE dan mengandalkan internet cepat itu untuk bisa menelepon.

Karena berbasis layanan data, tak cuma telepon saja yang bisa dilakukan. Pengguna VoLTE juga bisa langsung memakainya untuk video call.

Sayangnya masih belum cukup banyak perangkat genggam yang mendukung teknologi VoLTE. Sebelum perilisan dua perangkat Andromax ini, ponsel yang mengadopsi VoLTE masih sedikit dan mahal, antara lain iPhone 6 dan Samsung Galaxy Note 5.

Selain soal gadget, pengguna VoLTE cuma bisa menelepon menggunakan teknologi tersebut ke operator yang sudah menerapkannya. Jadi sementara ini VoLTE Smartfren cuma bisa dipakai untuk menghubungi sesama nomor Smartfren.

“Kalau suatu saat operator lain punya VoLTE, tentu kita selenggarakan interkoneksi. Kalau sudah ada interkoneksi tentu bisa saling telepon,” terang Merza.

“Sekarang gimana kalau mau telepon ke nomor lain? Ya bisa saja, kalau telpon tradisional dengan suara yang biasa bisa saja ke operator lain. Tapi kualitas panggilannya ya biasa, tanpa keunggulan-keunggulan VoLTE,” pungkasnya.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: