Sony Luncurkan 3 Ponsel Android Xperia X

                             Sony Mobile mengganas di ajang Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol. Perusahaan asal Jepang ini baru saja memperkenalkan lini smartphone terbarunya yang dinamakan Xperia X Series.Di awal kehadirannya ini, Sony langsung merilis tiga anggota dari keluarga Xperia X Series. Ketiganya adalah Xperia X, Xperia X Performance, dan Xperia XA.

Dari segi fisik, ketiga perangkat ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda. Ketiganya sedikit mengadopsi desain khas dari keluarga Xperia Z, yakni rangka berbahan metal dengan sisi yang sedikit membulat.

Baik Xperia X, Xperia X Performance, dan Xperia XA, sama-sama memiliki layar berbentang 5 inci. Yang menjadi pembeda adalah dukungan resolusi layar, Xperia X dan X Perfomance mendukung resolusi Full HD 1080p, sedangkan XA hanya mendukung resolusi HD 720p.

Kesamaan dari ketiga perangkat tersebut kebanyakan hanya datang dari segi desain perangkat. Ketiganya ternyata memiliki beberapa perbedaan dari segi spesifikasi.

Xperia X Performance

Ini merupakan seri yang paling high-end dari keluarga X Series tersebut. Ia dibekali dengan SoC terbaru Qualcomm, Snapdragon 820 yang dikombinasikan dengan RAM 3 GB dan media penyimpanan berkapasitas 32 GB yang mendukung penggunaan kartu microSD.

Xperia X Performance memiliki sensor pemindai sidik jari di tombol power, yang terletak di sisi kanan perangkat.

Yang menjadi spesial dari perangkat ini, sebagaimana KompasTekno rangkum dari GSMArena, Senin (22/2/2016), adalah kameranya. Bagian ini dilengkapi dengan teknologi yang disebut sebagai Predictive Hybrid Autofocus yang dikembangkan oleh divisi kamera Alpha milik Sony.

Teknologi tersebut mengizinkan Anda memilih objek foto dan sistem akan memprediksi pergerakan objek. Menggunakan cara seperti ini, diharapkan hasil foto yang blur akan berkurang.

Sensor kamera utama di Xperia X Performance sendiri sebesar 23 megapiksel dan kamera depannya memiliki sensor 13 megapiksel. Selain itu, ada juga baterai 2.700 mAh di perangkat tersebut.

Xperia X

Produk yang satu ini merupakan smartphone kelas menengah di keluarga X Series. Secara garis besar, spesifikasi dari perangkat ini tidak jauh berbeda dari Xperia X Performance.

Hanya saja, ia tidak dilengkapi dengan Soc setinggi Snapdragon 820. Produk tersebut dilengkapi dengan Snapdragon 650 yang juga dibuat oleh Qualcomm.

Xperia X juga dilengkapi dengan kamera utama 23 megapiksel dan kamera depan 13 megapiksel.

Selain itu, Xperia X dilengkapi RAM 3 GB dan media penyimpanan berkapasitas 32 GB atau 64 GB yang mendukung kartu microSD, dan baterai 2.620 mAh.

Xperia X juga dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari.

Xperia XA

Sony Xperia XA merupakan versi murah dari Xperia X. Produk ini dilengkapi dengan SoC MediaTek MT6755 dengan RAM 2 GB, baterai 2.300 mAh, dan media penyimpanan berkapasitas 16 GB.

Kamera utamanya memiliki sensor 13 megapiksel. Sedangkan kamera depannya memiliki sensor 8 megapiksel.

Ketiga produk ini sama-sama bakal hadir dengan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow.

Belum diketahui harga dari masing-masing perangkat. Baik Xperia X, Xperia X Performance, dan Xperia XA dijadwalkan untuk hadir di pertengahan tahun ini.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: