Uber Luncurkan Layanan Ojek Motor

                             Uber memperluas layanannya dari taksi kendaraan bermotor roda empat menjadi kendaraan bermotor roda dua, atau dikenal dengan ojek. Layanan tersebut diberi nama UberMoto.UberMoto secara resmi diluncurkan di Thailand, Rabu (24/2/2016). Layanan tersebut untuk pertama kali akan beroperasi di kota Bangkok, kota dimana ojek motor sudah populer di sana. 

Menurut Uber, seperti dikutip KompasTekno dari Techcrunch, Rabu (24/2/2016), UberMoto dikembangkan untuk kota-kota di negara berkembang dimana angka kemacetannya tinggi.

Dengan demikian, apakah UberMoto juga akan diperluas ke sejumlah negara lain yang memiliki kriteria tersebut, termasuk Indonesia? Belum bisa dipastikan.

Pasalnya, Uber pada Desember lalu menghentikan layanan pemesanan bajaj di India yang telah beroperasi sejak April. Hal ini mengindikasikan layanan di suatu negara belum tentu akan dibawa ke negara lain.

Eksperimen Uber lain di Asia termasuk layanan logistik di Hong Kong, dan layanan shuttle bus Uber Hop di Manila, Filipina.

Ekspansi Uber di negara-negara berkembang nampaknya akan terus berlanjut dengan layanan-layanan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing negara. Di Indonesia, Uber sudah punya layanan sewa mobil, UberX dan UberBlack.

Layanan ojek motor dari Uber nampaknya demi mencegah ekspansi Grab yang juga telah meluncurkan layanan serupa yang di Bangkok, yaitu GrabBike. Moda transportasi motor dinilai bisa mengantar penumpang lebih cepat di negara itu.

Di Indonesia sendiri layanan ojek motor dipelopori oleh perusahaan Go-Jek yang didirikan Nadiem Makarim. Layanan ini cukup diminati pengguna terutama yang berdomilisi di kota Jakarta.

Kita tunggu saja apakah UberMoto akan merambah Indonesia dan bersaing dengan Go-Jek.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: