XL Uji Coba Layanan Suara Berkualitas HD di Surabaya dan Denpasat

                             XL Axiata menguji coba dua layanan komunikasi baru di Surabaya dan Denpasar, Jumat (5/2/2016). Masing-masing adalah Voice Over LTE (VoLTE) dan Rich Communication Suite (RCS).

VoLTE adalah layanan voice yang diklaim berkualitas High Definition (HD) sebagai pengembangan dari jaringan 4G LTE. Sementara itu, serupa tapi tak sama, RCS merupakan layanan komunikasi berbasis internet yang memadukan ragam fitur.
Antara lain messaging, chating, voice call, dan video call. Pengoperasiannya bisa semata-mata pada sambungan internet, tanpa peduli apakah sambungan tersebut menggunakan LTE, UMTS, GSM, atau WiFi.
Uji coba ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dilakukan di luar ruangan, bukan hanya di laboratorium.
Menurut Chief Brand & Customer Experience XL Nicanor V Santiago, uji coba dua layanan tersebut merupakan upaya XL mendukung terciptanya ekosistem jaringan 4G LTE yang mumpuni. Sebab, keduanya merupakan layanan yang membutuhkan dukungan jaringan internet generasi keempat tersebut.
“Uji coba yang kami lakukan ini didasari pertimbangan keinginan kami untuk mampu memberikan layanan panggilan voice dan video yang superior kepada pelanggan,” kata dia sebagaimana tertera pada keterangan pers yang diterima KompasTekno.
Hasil uji coba dikatakan sangat baik dan akan terus dikembangkan, baik dari segi kualitas dan fitur pendukung layanan.
“Jadi pada dasarnya jika sewaktu-waktu akan diluncurkan, XL sudah siap. Kami juga mengupayakan kesiapan dari sisi handset di market yang memiliki fitur untuk menggunakan VoLTE,” Nicanor menuturkan.
Diketahui, selain mengakomodir layanan suara berkualitas HD, VoLTE juga disebut hemat baterai ponsel. Waktu bicara (talktime) menggunakan VoLTE pun diklaim lebih lama sekitar 1,5 kali dibandingkan aplikasi VoIP lain semisal WhatsApp dan Skype.
Dari sisi operator, jika dibandingkan dengan UMTS atau GSM, maka VoLTE memungkinan operator lebih efisien dalam menggunakan alokasi pita frekuensi yang dimiliki.
Sementara bagi pengguna, dengan menggunakan VoLTE, baik yang menelpon atau menerima telpon akan tetap di jaringan LTE, tanpa perlu melakukan “fall back” atau pindah ke jaringan UMTS atau GSM terlebih dahulu.Apabila pengguna melakukan panggilan VoLTE dan kemudian pindah ke area yang belum mendapatkan jaringan LTE, VoLTE juga memungkinkan pengguna berpindah dari LTE ke non-LTE atau pun sebaliknya, tanpa terputus.
Walau kesiapan VoLTE dan RCS diklaim sudah matang, belum jelas kapan XL akan mengkomersilkan layanan tersebut secara resmi.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: