YouTube Rilis Fitur “Penyensor” Video

                             YouTube meluncurkan sebuah fitur baru untuk menyensor video yang akan diunggah ke platform mereka. Kali ini alat sensor tersebut berupa tombol blur yang bisa dipakai memburamkan apapun.Pada 2012, YouTube telah mengeluarkan tombol pemburam wajah untuk menjaga tokoh dalam video tetap anonim. Namun urusan sensor menyensor memang ternyata tak cukup hanya wajah.

Para kreator berharap mereka bisa memburamkan berbagai hal dalam video. Lalu meluncurlah fitur tersebut.

“Fitur ini tersedia di YouTube versi desktop, dan bisa dipakai memburamkan objek apapun, termasuk yang bergerak,” tulis YouTube Privacy Lead Amanda Conway seperti dikutip KompasTekno dari blog resmi YouTube Creator, Jumat (26/2/2016).

Caranya, pilih video yang ingin diedit. Kemudian masuk ke tab “Blurring Effects” di bagian “Enchancement” dan gambar sebuah kotak di sekeliling objek apapun yang ingin diburamkan.

Jika objek yang dipilih bergerak, alat pemburam itu akan otomatis menyesuaikan dan memburamkan objek tersebut sepanjang durasi video.

Selain itu ada juga pilihan Lock untuk mengunci kotak buram di area tertentu. Ini dapat digunakan pada objek yang tak bergerak.

“Alat ini bisa digunakan untuk berbagai tujuan, tapi kami membuatnya dengan pertimbangan anonimitas visual. Ini adalah cara sederhana untuk memburamkan orang, informasi kontak, atau data keuangan tanpa harus menghapus dan mengunggah ulang video,” lanjut Conway.

Sumber: KOMPAS Tekno

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: