Resmi: YouTube Music akan Menggantikan Google Play Musik

Google telah secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan menghapus Google Play Music demi YouTube Music pada Desember 2020. Google Play Music akan segera ditutup, tetapi ini adalah pertama kalinya kami melihat garis waktu khusus untuk keseluruhan prosedur. .

Google telah memikirkan dan merencanakan hal ini sejak Mei saat mengungkapkan seperangkat alat yang digunakan untuk mentransfer pustaka dan daftar putar Play Musik ke YouTube Music. Itu adalah petunjuk kuat bahwa Play Musik kemungkinan akan dihapus. Selain itu, agak berlebihan untuk menginstal Play Musik dan YouTube Music di perangkat yang sama. Jika yang satu berkinerja lebih baik daripada yang lain, maka itu dapat dengan cepat mematikan yang lain dan fokus pada peningkatan satu platform tunggal untuk pengguna dan pelanggan.

Sudah lama sejak Google pertama kali mengumumkan bahwa mereka akan mengambil langkah-langkah untuk perlahan dan bertahap bergeser menuju YouTube Music, menutup Play Musik. Pengumuman ini muncul kembali pada tahun 2018, dan sejak itu kami tidak melihat langkah konkrit ke arah ini, sampai sekarang.

Untuk membuat transisi ini semulus mungkin bagi pengguna akhir, Google dan YouTube telah bekerja cukup keras untuk mengintegrasikan semua fitur penting dari Play Musik di YouTube Music. Upaya ini mencakup integrasi Google Maps dan Asisten, memperkenalkan daftar putar kolaboratif, dan menghadirkan versi tab jelajahi yang diperbarui. Apa yang mereka tuju adalah untuk memiliki yang terbaik dari kedua platform. Selain itu, jika Anda mendengarkan podcast di Play Musik, Anda juga dapat mentransfer langganan dan progres episode. Tidak perlu khawatir tentang apa pun karena harganya juga sama di kedua layanan. Jika Anda memiliki paket langganan tertentu di Google Play Musik, Anda akan secara otomatis dialihkan ke tingkat yang setara dengan YouTube Music Premium.

Berikut adalah garis waktu lengkap tentang bagaimana segala sesuatunya akan terungkap. Pertama, pada akhir Agustus, Pengelola Musik tidak lagi dapat digunakan untuk membeli, mengunduh, atau mengunggah musik. Kemudian penutupan akan dimulai terlebih dahulu dengan Selandia Baru dan Afrika Selatan, dan negara-negara lainnya akan mengikuti pada bulan Oktober. Bahkan dua bulan setelah ini, Anda akan dapat mentransfer file Anda ke YouTube Music, dan akhirnya pada Desember 2020, kami akan mengucapkan selamat tinggal pada Play Musik selamanya. Untuk saat ini, pengguna memiliki akses ke kedua layanan, tetapi itu tidak akan lama. Masa transisi ini adalah kesempatan bagi Anda untuk mengubah diri Anda dari satu ke yang lain.

Sumber: Google, 9to5trends.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: