Apakah Crypto.com itu Pakai Sistem Ponzi?

Crypto.com adalah aplikasi pertukaran mata uang kripto yang didirikan di China pada tahun 2016. Perusahaan ini menawarkan layanan kepada lebih dari 10 juta pengguna di seluruh dunia, dan memiliki lebih dari 3000 karyawan. Mereka telah menjadi berita utama secara global setelah mengumumkan beberapa kesepakatan sponsor besar-besaran selama beberapa tahun terakhir. Ini termasuk kemitraan dengan Formula 1, Serie A, UFC, Paris Saint-Germain F.C., Philadelphia 76ers, Montreal Canadiens, dan Water.org. Kemitraan dengan Water.org misalnya, sudah termasuk menandatangani salah satu pendirinya, aktor Matt Damon, untuk menjadi duta merek Crypto.com. Pada tahun 2021, perusahaan juga membeli hak penamaan Staples Center di Los Angeles, membayar $700 juta yang dilaporkan untuk mengubah nama menjadi Crypto.com Arena.

Sementara Crypto.com melakukan pekerjaan yang relatif efektif dalam berbaur dengan perusahaan cryptocurrency yang sah, seluruh model bisnis mereka banyak yang menduga sudah cacat dan didasarkan pada pemasaran daripada utilitas, keberlanjutan, atau nilai. Ini adalah pernyataan dari salah satu analis crypto, Jacob King di halaman mediumnya. Beliau menyoroti peran Kris Marszalek, pendiri dari Crypto.com. 

Ada beberapa hal yang disoroti oleh om Jacob King, terkait Kris Marszalek pendiri Crypto.com ini, diantaranya kasus Ensogo di Asia Tenggara tahun 2016, Monaco Scam tahun 2017 dan yang paling mutakhir adalah kasus dicurinya Ethereum seharga 15 juta dollar.

Baca disini