Apakah Mengisi Mobil Listrik Lebih Murah Daripada Mengisi BBM?

 

Dengan harga bahan bakar yang melambung tinggi dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat, kami melihat lebih banyak orang memperdebatkan peralihan ke EV atau kendaraan hibrida. Jika Anda berada di pagar tentang listrik dan bertanya-tanya, “apakah lebih murah untuk mengisi EV daripada mengisi mobil dengan bensin?” Anda tidak sendirian.

Jika Anda muak dengan rasa sakit di pompa, Anda akan senang mengetahui bahwa di hampir semua skenario, mengisi EV jauh lebih murah daripada mengisi bahan bakar dengan bensin, atau lebih buruk lagi, solar.

Namun , ada beberapa faktor dan hal yang berbeda yang ingin Anda ketahui sebelum melompat terlebih dahulu. Biaya pengisian EV bervariasi di rumah vs stasiun pengisian umum, terutama jika Anda memilih untuk pengisian yang lebih cepat. Dan, seperti halnya gas, harga listrik dapat berubah seiring waktu dan lokasi. Berikut adalah garis besar tentang berapa biaya untuk mengisi EV dan bagaimana membandingkannya dengan mengisi gas.

Gas vs. Listrik: Dengan Angka

Dengan EV, alih-alih membayar per galon bensin, Anda akan mendapatkan biaya per kilowatt-jam untuk mengisi baterai. Dan seperti harga bensin yang berbeda di setiap SPBU, harga kWh sangat berbeda tergantung di mana Anda tinggal dan, di beberapa negara bagian, waktu dan jam sibuk. Hal ini membuat sulit untuk mengatakan berapa biaya untuk mengisi EV, tetapi berikut adalah beberapa rata-rata.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), rata-rata kendaraan gas baru yang dijual di AS pada tahun 2020 memiliki peringkat ekonomi bahan bakar gabungan 25,4 mil per galon. Mengemudi 100 mil di salah satu kendaraan itu akan menggunakan sekitar 3,9 galon gas.

Hal-hal menjadi sedikit membingungkan ketika Anda menilai kendaraan listrik. Peringkat efisiensi EPA untuk EV dikenal sebagai “MPGe,” yang berarti setara mil per galon. Peringkat ini memberikan gambaran kepada konsumen tentang seberapa jauh sebuah EV dapat melakukan perjalanan dengan jumlah energi yang setara dengan bahan kimia sebagai satu galon gas.

Laporan EPA yang sama menunjukkan bahwa rata-rata kendaraan listrik akan mengkonsumsi energi 33,7 kilowatt-jam untuk menyamai satu galon bensin biasa . Angka-angkanya belum diperbarui untuk memperhitungkan 2021 atau 2022, jadi ini sedekat yang bisa kami dapatkan.

Peringkat MPGe rata-rata untuk EV model tahun 2022 yang dijual di AS adalah sekitar 97, jadi mengemudi 100 mil dalam hipotetis itu rata-rata kendaraan akan menggunakan 34,7 kWh listrik.

Melakukan perhitungan di sini dengan harga gas hipotetis, jika Anda menghabiskan $4,50 per galon gas, dibutuhkan hampir $18 untuk mendapatkan 3,9 galon dan berkendara 100 mil. Rata-rata, harga nasional untuk 1 kWh listrik (di rumah) adalah sekitar $0,14. Menggunakan peringkat EPA 34,7 kWh dengan rata-rata harga energi, biayanya sekitar $4,85 untuk mendapatkan listrik senilai 3,9 “galon” untuk berkendara 100 mil.

Saya tahu itu agak membingungkan, tetapi intinya adalah bahwa, rata-rata, akan 3-4 kali lebih murah untuk mengisi EV Anda dengan daya baterai daripada mengisi mobil bertenaga bensin. Angka-angka itu berfluktuasi, dan di beberapa negara bagian seperti Arizona, South Dakota, Oklahoma, atau Washington, listrik bahkan lebih murah dan akan menelan biaya sekitar $3,47 untuk berkendara 100 mil dalam EV.

Jadi ya, mengisi daya EV dari rumah Anda jauh lebih murah daripada membeli gas. Namun, penghematan itu dengan cepat berkurang saat Anda bepergian dan menggunakan pengisi daya umum. Dan di beberapa negara bagian, jika Anda menggunakan pengisi daya cepat, Anda dapat menghabiskan lebih banyak, tetapi kita akan membahasnya di bawah ini.

Biaya Mengisi Kendaraan Listrik di Rumah

Mengisi daya EV di rumah secara signifikan lebih murah daripada mengisi bahan bakar dengan bensin, dan itu juga secara drastis lebih murah daripada menggunakan stasiun pengisian umum. Itu adalah aspek penting di sini dan sesuatu yang Anda ingin ingat.

Rata-rata, sebagian besar rumah tangga AS membayar hampir 14 sen per kWh, tetapi harga itu dapat berlipat ganda selama jam sibuk atau di California dan New York. Di sisi lain, harga itu serendah 10 sen di Oklahoma. Namun, biaya rata-rata adalah $0,14 per kWh, yang jauh lebih murah daripada gas. Ingatlah bahwa beberapa wilayah lebih mahal.

Menggunakan matematika yang sama seperti di atas, jika biayanya sekitar $4,85 untuk mendapatkan listrik senilai 3,9 galon untuk berkendara 100 mil, Anda dapat mengharapkan untuk membayar rata-rata di bawah $15, untuk berkendara 300 mil dengan mobil listrik kendaraan. Sebagian besar EV memiliki jangkauan sekitar 300 mil, jadi pada dasarnya menghabiskan $15 untuk mengisi tangki listrik. Anda tidak dapat berkendara sejauh 300 mil dengan kendaraan bensin seharga $15.

Truk Ford F-150 Lightning EV yang baru memiliki baterai 131 kWh. Membayar $0,14 per kWh di rumah akan dikenakan biaya $18,34 untuk mengisi truk Anda hingga kapasitas baterai 100%. Ini lambat dan akan memakan waktu 6-8 jam untuk mengisi daya di rumah dengan pengisi daya level 1, tetapi lebih murah daripada bensin.

Perhatikan bahwa Anda mungkin perlu mengeluarkan di mana saja mulai dari beberapa ratus dolar untuk pasang pengisi daya di rumah Anda, dan untuk pengisi daya rumah yang lebih cepat, biayanya hampir $3.000. Jadi tambahkan itu ke perhitungan Anda dalam jangka panjang.

Kebanyakan pemilik EV akan mengisi daya mobil mereka di rumah, duduk di atas pengisi daya semalaman. Dan mengingat sebagian besar wilayah menawarkan diskon listrik di malam hari saat penggunaan rendah, itulah tempat dan waktu termurah untuk mengisi ulang mobil listrik Anda.

Namun, memasang pengisi daya rumah mungkin tidak mungkin dilakukan di beberapa rumah sewa dan apartemen. Jika demikian, Anda harus bergantung pada stasiun pengisian umum.

Biaya Pengisian EV di Pengisi Daya Umum

Jika Anda tidak dapat memasang pengisi daya EV di rumah atau berencana melakukan banyak perjalanan darat, Anda akan menggunakan pengisi daya publik. Sekali lagi, hal-hal menjadi membingungkan di sini, karena kecepatan dan biaya pengisian dapat bervariasi. Sebagian besar stasiun pengisian EV publik di seluruh Amerika Serikat memberikan kecepatan pengisian cepat, yang berarti harganya lebih mahal daripada pengisi daya rumah.

Tesla memiliki lebih dari 30.000 Supercharger di seluruh dunia, tetapi biaya rata-ratanya sekitar $0,27 per kWh, hampir dua kali lipat dari yang Anda akan membayar di rumah. Dan di beberapa negara bagian, seperti California, pengemudi Tesla melihat harga lebih tinggi dari $0,43 per kWh. Jadi, alih-alih mengeluarkan biaya $15 untuk berkendara 300 mil setelah pengisian daya di rumah, Anda akan menghabiskan sekitar $44. Dalam beberapa kasus, kami telah melihat harga listrik mencapai lebih dari 50 sen per kWh.

Lihat perbedaannya? Mengisi daya kendaraan listrik benar-benar lebih murah daripada mengisi bensin, tetapi juga membingungkan, dan harganya bisa sangat berbeda berdasarkan tempat Anda mengisi daya, seberapa cepat Anda mengisi daya, dan tempat tinggal Anda.

Ada pengisi daya umum yang lebih terjangkau, tapi mereka juga lambat. Stasiun pengisian cepat dapat mengambil baterai dari 20-80% dalam waktu sekitar 25 menit, tetapi Anda membayar untuk premi itu. Situs web MyEV memiliki daftar terperinci berbagai lokasi jaringan pengisian, harga, dan biaya berlangganan bagi mereka yang tertarik. Anda sering dapat bergabung dengan layanan berlangganan pengisian daya dan mendapatkan harga diskon, tetapi itu tidak akan terjangkau seperti jika Anda mengisi daya di rumah.

Dan meskipun Anda dapat menemukan stasiun pengisian daya yang lebih lambat di tempat umum, tidak ada yang mau menunggu satu jam hanya untuk 75 -100 mil senilai mengemudi daya baterai. Akibatnya, sebagian besar stasiun umum menawarkan layanan pengisian daya yang lebih cepat, meskipun lebih mahal. Namun, penghematan itu sedikit berkurang dengan stasiun pengisian cepat publik. Masih lebih terjangkau, tetapi biaya listrik naik, sama seperti semuanya, jadi mungkin tidak lama.

Ada hikmahnya. Hingga 2017, Tesla menawarkan Supercharging gratis dengan sebagian besar kendaraan, yang merupakan keuntungan besar. Hari-hari ini, kami melihat produsen mobil besar seperti Volkswagen menawarkan dua tahun pengisian gratis untuk setiap pembelian EV, dan Nissan melakukan hal yang sama. Merek lain seperti KIA telah bermitra dengan Electrify America dan akan memberi pemiliknya pengisian daya publik gratis secara terbatas. Setiap orang punya alasan masing-masing. Plus, ketika Anda mempertimbangkan seberapa mahal EV mulai didapat, Anda harus mempertimbangkan pilihan Anda sebelum beralih.

Itulah berita seputar Apakah Mengisi EV Lebih Murah Daripada Mengisi Mobil Dengan Gas?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.