Xiaomi Mi5 Ternyata Ada 3 Varian, Ini Harganya

                            BARCELONA,  Menyusul rumor yang telah ramai beredar sejak beberapa bulan belakangan, hari Rabu (24/2/2016), Xiaomi akhirnya secara resmi memperkenalkan smartphone flagship terbarunya, Mi5, dalam sebuah acara di kota Barcelona, Spanyol.Jurnalis KompasTekno, Oik Yusuf Araya, hadir langsung di acara peluncuran tersebut.

“Saya telah menggunakan Mi5 selama sebulan terakhir, dan saya bisa bilang bahwa ponsel ini sangat cepat,” ujar Vice President Global Xiaomi Hugo Barra ketika berbicara di panggung acara yang sekaligus menandai debut perdana Xiaomi di negara barat itu.

Sebagai ponsel andalan, Mi5 dibekali aneka fitur tercanggih dari pembuatnya.

“Jeroan” perangkat ini mencakup prosesor Qualcomm Snapdragon 820, RAM LPDDR4 4 GB, kapasitas media internal US 2.0 hingga 128 GB, dukungan 4G+ dengan modem cat 12, baterai 3.000 mah, serta kamera dengan 4-axis image stabilizer.

Barra menyebut kombinasi hardware di atas mampu memberikan kecepatan yang luar biasa bagi Mi5. “Insanely fast, prosesornya saja 100 persen lebih cepat dari Snapdragon 810 tapi konsumsi dayanya 50 persen lebih hemat,” kata Barra.

Adapun layar Mi5 berukuran 5,15 inci dengan resolusi Full HD (1.920×1.080). Di permukaan tubuhnya yang terbuat dari logam turut tersemat sebuah pemindai sidik jari di tombol home yang hadir untuk pertama kalinya di ponsel Xiaomi.

Punggung perangkat ini dibalut material keramik yang diklaim tangguh dan anti gores. Sistem operasi yang dijalankan Mi5 adalah Android 6.0 (Marshmallow) yang dilapis antarmuka MIUI 7 ala Xiaomi.

Xiaomi Mi5 akan tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni hitam, putih, dan gold.

Harga Xiaomi Mi5

Lantas, dengan spesifikasi seperti itu, berapa harga dari Xiaomi Mi5? Perangkat ini nantinya akan dijual dalam tiga varian sekaligus dengan harga yang berbeda.

Varian tertinggi memiliki spesifikasi Snapdragon 820, RAM 4 GB, dan media penyimpanan berkapasitas 128 GB. Model yang disebut sebagai Mi5 Pro ini dijual dengan harga 2.699 yuan atau sekitar Rp 5,5 juta.

Sementara itu, varian dengan RAM 3 GB dan media penyimpanan 32 GB akan dijual dengan harga 1.999 yuan atau sekitar Rp 4,1 juta.

Varian lainnya memiliki kombinasi spesifikasi RAM 3 GB dan media penyimpanan 64 GB. Varian tersebut dijual dengan harga 2.299 yuan atau sekitar 4,7 juta.

Xiaomi Mi5 sudah akan dijual di pasar mulai 1 Maret mendatang di China. Jadwal peluncuran lain bakal segera menyusul.

Sumber: KOMPAS Tekno