10 Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Terminal Linux

Jika Anda ingin belajar menggunakan terminal Linux, cara yang bagus untuk memulai adalah dengan menginstal dan memainkan beberapa game. Game-game ini tidak hanya menyenangkan—mereka juga tidak memerlukan lapisan kompatibilitas atau kartu grafis yang mahal.

Bastet

Tetris adalah game puzzle yang dibuat oleh insinyur perangkat lunak Rusia Alexey Pajitnov pada tahun 1984 Popularitas game ini meroket di tahun 90-an, dan memiliki lebih dari 20 juta pemain di seluruh dunia pada akhir tahun 1996.

Nama Bastet adalah kombinasi dari “bajingan” dan “Tetris”. Alasan di balik itu adalah bahwa klon Tetris ini mencoba membuat Anda frustrasi dengan memberi Anda blok yang tidak Anda inginkan, alih-alih memberi Anda blok acak. Oleh karena itu nama Bastet.

Untuk menginstal Bastet di Debian dan distribusi (distro) berbasis Ubuntu, gunakan perintah ini.

sudo apt install bastet

Gunakan perintah berikut jika Anda menjalankan Fedora, RHEL, atau CentOS.

sudo dnf install bastet

Untuk mulai bermain, ketik bastet dan tekan enter.

Pacman4Console

Pac-man tidak perlu diperkenalkan. Game retro merevolusi industri game dan masih dimainkan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Tujuan permainan melibatkan menavigasi karakter Pac-man melalui labirin dan memakan semua lingkaran putih tanpa dimakan oleh Hantu. Pacman4Console adalah game yang sama yang diterjemahkan ke terminal Linux.

Untuk menginstal Pacman4Console, salin dan tempel perintah berikut, lalu tekan enter.

sudo apt install pacman4console

Untuk mulai bermain, ketik pacman4console dan tekan enter.

nSnake

Jika Anda tumbuh di tahun 90-an, Anda mungkin ingat game legendaris Nokia Snake. Itu juga ada di sini di terminal Linux dan dapat berfungsi sebagai pembunuh waktu yang cukup bagus.

Untuk menginstal nSnake di distro berbasis Debian atau Ubuntu, ketik perintah berikut dan tekan enter.

sudo apt install nsnake

Copy dan rekatkan yang berikut dan tekan enter jika Anda’ menjalankan Fedora, CentOS, atau RHEL.

sudo dnf install nsnake

Untuk menjalankannya, ketik nsnake dan tekan enter.

2048

2048 dikembangkan oleh Gabiele Cirulliie yang berusia 19 tahun pada tahun 2014 sebagai proyek akhir pekannya. Segera setelah dia menerbitkan game di GitHub, itu langsung menjadi hit. Tujuannya adalah untuk menggabungkan ubin bernomor hingga Anda mencapai angka 2048. Jika Anda menyukai teka-teki berbasis angka, Anda akan menyukai game ini.

Untuk menginstal 2048 di distro berbasis Debian/Ubuntu, ketik perintah berikut dan tekan enter.

sudo apt install 2048

Jika Anda menjalankan Fedora, CentOS, atau RHEL, gunakan perintah berikut untuk menginstal 2048. Karena game 2048 tidak tersedia di repositori DNF, kami akan menginstal klon 2048, 2048-CLI.

sudo dnf instal 2048-cli

Untuk menjalankan game, ketik 2048 dan tekan enter.

Nudoku

Apakah judulnya membunyikan lonceng? Nudoku adalah tiruan Sudoku untuk terminal Linux. Bagi mereka yang tidak tahu, Sudoku adalah permainan puzzle di mana Anda diberikan kotak 9×9 dengan nilai yang diajukan sebagian. Tujuan Anda adalah mengisi kotak sedemikian rupa sehingga angka hanya muncul sekali di baris dan kolom tertentu.

Untuk menginstal Nudoku pada sistem Linux berbasis Debian atau Ubuntu, ketik perintah berikut dan tekan enter.

sudo apt install nudoku

Gunakan perintah berikut untuk sistem berbasis Fedora, CentOS, RHEL, atau RHEL.

sudo dnf install nudoku

Untuk meluncurkan game, ketik nudoku dan tekan enter.

Moon Buggy

Moon Buggy sangat mirip dengan game Dinosaurus Google di Chrome. Tujuan dari permainan ini adalah untuk menghindari kawah. Sepintas, ini mungkin terlihat cukup mudah dan membosankan, tetapi mungkin menjadi sangat membuat ketagihan setelah Anda mulai bermain.

Untuk menginstal Moon Buggy di distro Linux berbasis Debian/Ubuntu, ketik perintah berikut di terminal dan tekan enter.

sudo apt install moon-buggy

Copy dan paste perintah berikut untuk menginstal Moon Buggy di Fedora, CentOS, atau RHEL dan tekan enter.

sudo dnf install moon-buggy

Untuk menjalankan game, ketik moon-buggy dan tekan enter.

Ninvaders

Ingat game populer Space Invaders? Ninvaders adalah tiruan Space Invaders untuk terminal Linux. Tujuan utama gim ini adalah untuk menghentikan blok besar alien yang menyerang Bumi dengan menembakkan rudal menggunakan meriam di tanah.

Untuk menginstal Ninvaders di distro Linux berbasis Debian/Ubuntu, ketik perintah berikut dan tekan enter.

sudo apt install ninvaders

Untuk memulai game, ketik ninvaders di terminal dan tekan enter.

Ascii Patrol

Pencipta Ascii Patrol terinspirasi oleh game Jepang kuno Moon Patrol. Anda mengendarai kereta bulan dan menghindari rintangan seperti ranjau, kawah, dll. sambil mencoba menembak jatuh dua UFO yang menyerang Anda dari atas. Tidak diragukan lagi, ini adalah salah satu permainan terminal Linux yang paling indah dan menyenangkan.

Game ini hanya tersedia sebagai Snap. Karenanya, Anda harus menginstal Snapd terlebih dahulu, yang dapat Anda lakukan menggunakan perintah berikut. Jika Anda menggunakan Ubuntu, kemungkinan besar, Snapd sudah diinstal. Dalam hal ini, lanjutkan dengan langkah berikutnya.

sudo apt install snapd

Gunakan perintah berikut untuk menginstal Snap di Fedora, CentOS, atau RHEL.

sudo dnf install snapd

Setelah selesai, instal Ascii Patrol menggunakan perintah:

snap install ascii-patrol

Untuk mulai bermain, ketik ascii-patrol dan tekan enter.

Greed

Greed adalah gim yang cukup sederhana namun menyenangkan. Anda dikelilingi oleh angka, dan lokasi Anda dilambangkan dengan karakter @. Anda dapat menggunakan nomor di kiri, kanan, bawah, atau atas langsung untuk berpindah ke banyak tempat. Tujuannya adalah untuk mengkonsumsi angka sebanyak mungkin; namun, tangkapannya adalah Anda tidak diizinkan untuk melintasi ke arah yang sama dengan Anda berasal, dan permainan berakhir ketika Anda tidak dapat lagi bergerak.

Bingung? Gim ini cukup mudah untuk dipahami begitu Anda mulai bermain.

Ketik perintah berikut dan tekan enter untuk menginstal dan memainkan Greed pada distribusi berbasis Debian/Ubuntu.

sudo apt install Greed

Ketik Greed dan tekan enter.

BSD Games

Menginstal Game BSD memungkinkan Anda memainkan kumpulan game sederhana Beberapa game paling populer yang dapat Anda mainkan dari koleksi ini adalah Hunt, Battlestar, dan Air Traffic Control.

BSD adalah OS lain yang terinspirasi Unix seperti Linux, tetapi ini adalah sistem operasi yang lengkap, sementara Linux secara teknis hanyalah sebuah kernel. BSD Games adalah kumpulan game yang dikirimkan dengan OS BSD seperti FreeBSD dan NetBSD, dan ada sekitar 40 game dalam koleksinya.

Anda dapat menginstal Game BSD pada sistem berbasis Ubuntu Debian menggunakan perintah berikut.

sudo apt install bsdgames

Jika Anda menggunakan distro Linux lain, Anda juga dapat membangun dari sumber melalui repositori GitHub.

Itulah berita seputar 10 Game Menyenangkan untuk Dimainkan di Terminal Linux, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.