Apa Arti Istilah Game “TFTI”, dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Seringkali, “TFTI” adalah tanda bahwa seseorang merasa ditinggalkan. Inilah arti akronim ini dan mengapa akronim ini dapat membuat obrolan grup Anda lebih canggung.

Thanks for The Invitation

TFTI adalah singkatan dari “terima kasih atas undangannya”. Dalam pesan langsung, orang menggunakan inisialisasi sarkastik ini ketika mereka merasa ditinggalkan dari situasi sosial. Misalnya, jika semua teman Anda memutuskan untuk pergi minum-minum dan Anda melihat foto mereka di Instagram, Anda dapat mengirim pesan, “Wow, TFTI.”

Anda dapat menulisnya dengan huruf besar “TFTI” dan huruf kecil “tfti,” dengan keduanya cukup umum. Ini terkait erat dengan konsep FOMO, yang berarti takut ketinggalan.

Asal Mula TFTI

Tidak seperti banyak akronim dari awal 2000-an, TFTI menjadi terkenal di 2010-an. Karena semakin banyak kelompok sosial yang mulai menggunakan teknologi untuk berkomunikasi, orang-orang mulai memindahkan perencanaan acara dan undangan ke teks dan pesan langsung. TFTI diciptakan untuk menanggapi insiden di mana teman Anda lupa mengundang Anda ke sesuatu.

Definisi paling awal dari TFTI di database slang internet Urban Dictionary adalah dari 2010. Bunyinya, “singkatan dari ‘Thanks For the Invite,’ biasanya digunakan ketika sekelompok temanmu pergi keluar, dan mereka tidak berpikir untuk mengundangmu.” Saat ini, orang hampir secara eksklusif menggunakannya dalam teks dan pesan langsung, terutama utas grup.

Model Sarkastik dan Tulus

Meskipun definisinya tampak baik dan ceria, TFTI banyak digunakan secara sarkastis. Kebanyakan orang yang mengucapkan frasa atau menggunakan akronim tidak berterima kasih, mereka menunjukkan bahwa seseorang gagal mengundang mereka. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan akronim ini — Anda mungkin secara tidak sengaja merasa kesal karena tidak diundang.

Anda juga harus berhati-hati dengan akronim ini jika seseorang mengatakannya kepada Anda. Orang biasanya menggunakannya ketika mereka merasa ditinggalkan dari suatu acara, terutama ketika gambar atau video dari acara itu terpampang di seluruh platform media sosial seperti Instagram dan Snapchat. Jadi, misalnya, jika Anda mengatur pertemuan teman-teman Anda dan gagal mengundang satu orang yang biasanya ada di grup, mereka mungkin akan mengirimi Anda pesan dengan “TFTI.”

TFTI juga bisa menjadi cara untuk mencari informasi tambahan. Biasanya, ketika Anda tidak menerima undangan ke suatu situasi sosial, Anda tidak yakin apakah mereka melakukannya secara tidak sengaja atau sengaja. Mengatakan “TFTI” ke teman Anda bisa menjadi cara mereka untuk memperjelas apakah mereka lupa mengundang Anda atau sengaja meninggalkan Anda. Terkadang, mereka mungkin telah mengundang Anda, tetapi pesan mereka gagal terkirim.

Dalam situasi yang jarang terjadi, orang menggunakan frasa “terima kasih atas undangannya” untuk mengucapkan terima kasih yang tulus kepada seseorang karena telah mengundang mereka, terutama jika mereka tidak dapat menghadiri acara tersebut . Namun, ini jarang terjadi dan dapat bervariasi antara kelompok sosial.

TFTI dan FOMO

Salah satu alasan terbesar mengapa “TFTI” ada adalah “takut ketinggalan”, sering disingkat menjadi “FOMO.” Ini adalah perasaan cemas yang didapat orang ketika mereka tidak ingin dikucilkan dari pertemuan sosial, peluang, dan pengalaman. Biasanya, orang yang frustrasi karena tidak diundang ke sesuatu sudah merasa banyak FOMO, dan kurangnya undangan memperburuk keadaan.

Ide tentang FOMO telah meluas dipelajari, diliput berita, dan digambarkan dalam film dan acara TV. Anda dapat membaca semua tentang istilah tersebut di penjelasan FOMO kami. Itu juga membentang di luar batas-batas situasi sosial, dengan ada banyak FOMO yang berasal dari karier, keuangan, atau kewajiban keluarga Anda. Bahkan dapat menggambarkan perasaan memiliki terlalu banyak acara TV untuk ditonton dan tidak cukup waktu.

Namun, tidak semua situasi TFTI lahir dari FOMO. Banyak orang marah karena tidak diundang ke sesuatu, meskipun mereka tidak akan menghadiri pertemuan itu. Dalam situasi ini, orang lebih mementingkan untuk dipikirkan daripada benar-benar berpartisipasi dalam pengalaman sosial.

Cara Menggunakan TFTI

Sebelum menggunakan TFTI, Anda harus mempertimbangkan untuk menyampaikan kekhawatiran Anda secara lebih matang. Akronim dapat terasa menuduh bagi kebanyakan orang, terutama ketika mereka mungkin lupa mengundang Anda secara tidak sengaja.

Jika ketegangan tinggi dalam obrolan grup karena seseorang mengirim “TFTI”, Anda mungkin ingin menggunakan istilah slang lain untuk meredakan situasi. Lihat penjelasan kami di DW, YSK, dan TIFU untuk membuat segalanya tidak terlalu panas.

Itulah berita seputar Apa Arti “TFTI”, dan Bagaimana Cara Menggunakannya?, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.