Apa Artinya F2P? Menjelaskan Cara Kerja Free-to-Play

Jika Anda bahkan tertarik untuk bermain game dari jarak jauh, Anda akan menemukan akronim F2P atau istilah “free-to-play”. Apa artinya ini? Apakah ini benar-benar gratis, atau ada ikatan? Mari kita lihat.

Pengertian F2P?

Free-to-play memiliki arti yang berbeda bagi orang yang berbeda pada waktu yang berbeda. Shareware tahun 90-an dapat digambarkan sebagai F2P. Anda mendapatkan game gratis, atau setidaknya bagian pertama—tetapi, untuk mendapatkan sisanya, Anda harus menambahnya. Itu adalah sistem yang bagus untuk pengembang yang perlu mendapatkan nama mereka di luar sana. Gamer yang tidak punya uang, termasuk penulis Anda, mendapatkan sesuatu untuk dimainkan secara gratis.

Dalam inkarnasinya saat ini, F2P menggambarkan sesuatu yang sangat berbeda. Meskipun ada game gratis di luar sana—beberapa di antaranya cukup bagus—saat kami mengatakan “gratis untuk dimainkan” (perhatikan tanda hubungnya), yang kami maksud adalah game yang beroperasi di bawah model freemium.

Model Freemium

Pada awalnya, model freemium berarti bahwa Anda mendapatkan akses ke game secara gratis—tetapi, untuk maju di dalamnya, Anda harus membayar. Misalnya, Anda dapat bermain-main dalam permainan dengan senjata dasar tertentu, tetapi untuk mendapatkan yang lebih baik atau untuk meningkatkannya, Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang melalui apa yang disebut transaksi mikro, di mana Anda menghabiskan satu dolar atau bahkan kurang untuk membeli satu barang tertentu. item game.

Model khusus ini tidak pernah begitu populer di kalangan gamer, dan hanya ada sedikit contoh yang ada. Apa yang dilakukan oleh sebagian besar game freemium saat ini adalah menawarkan game secara gratis dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan senjata dan peningkatan melalui permainan. Transaksi mikro masih ada, tetapi alih-alih membuka kunci permainan, mereka hanya mempercepat kemajuan Anda—seringkali secara signifikan. Yang mengatakan, harap dicatat bahwa ini adalah pengamatan umum. Contoh spesifik dapat sedikit berbeda.

PokemonGo, misalnya, memungkinkan Anda bermain game, menangkap Pokemon, dan membuat koin, tetapi Anda juga dapat memulai dan membeli banyak koin untuk mendapatkan uang di dunia nyata. Team Fortress 2, sebuah game yang dikembangkan oleh Valve dan tersedia di platform Steam-nya, memungkinkan Anda bermain secara gratis, tetapi Anda dapat membeli kotak jarahan yang berisi sejumlah item, sebagian besar berharga untuk gameplay.

Freemium adalah sistem yang menarik bagi kedua pemain dan pengembang. Gamer mendapatkan game gratis, sedangkan penerbit game mendapatkan pemain. Meskipun mereka kehilangan uang pembelian awal, yang untuk game AAA bisa mencapai $60 atau $70, mereka malah mendapatkan aliran pendapatan yang berpotensi, membayar lebih dari waktu ke waktu.

Masalah Dengan Game F2P

Aliran pendapatan alternatif ini, , adalah insentif besar untuk praktik bisnis yang teduh. Meskipun sekilas model freemium cukup mengagumkan, ada banyak ruang untuk penyalahgunaan dan lebih banyak lagi contoh yang terjadi. Permainan gratis menggunakan sejumlah trik psikologis, menempatkan Anda ke dalam kotak Skinner virtual.

Kotak Skinner

Kotak Skinner—disebut ruang pengkondisian operan, itulah sebabnya kami menyebutnya kotak Skinner—dikembangkan oleh B.F Skinner, seorang psikolog dan behavioris abad ke-20. Dia melakukan serangkaian percobaan di mana dia menempatkan tikus ke dalam kotak dengan tuas. Jika tikus mendorong tuas, mereka akan mendapatkan hadiah, biasanya berupa pelet makanan.

Seperti yang dapat Anda bayangkan, tikus akan segera mengetahui hal ini dan langsung memukul tuas itu seperti orang gila—bahkan ketika, setelah beberapa saat, hadiahnya tidak selalu datang. Di satu sisi, memukul tuas sama memuaskannya dengan mendapatkan hadiah. Jika Anda tertarik, Anda dapat membaca lebih lanjut tentang eksperimen Skinner dan apa yang mereka katakan tentang tikus dan manusia. Ada juga presentasi yang luar biasa dari psikiater Dr. Ryan Black yang masuk lebih dalam ke psikologi semuanya.

Apa yang harus kita ambil dari semua ini adalah bahwa dalam kasus game F2P Anda adalah tikusnya, dan pengembang game telah menempatkan sejumlah besar tuas mengkilap di seluruh kotak mereka. Alih-alih pelet makanan, Anda mendapatkan peningkatan mengkilap yang bagus untuk senjata dalam game Anda atau piala yang berkilauan. Pada akhirnya, Anda hanyalah tikus yang mengejar tuas baru untuk didorong agar mendapatkan kepuasan itu.

The Skinner Box dan F2P Games

Rasa kepuasan dan pencapaian itulah yang mendorong pemain melalui game F2P. Namun, untuk lebih jelasnya, beberapa game jauh lebih manipulatif daripada yang lain. Pelanggar terburuk adalah game seluler murah yang harganya selusin sepeser pun di pasar seperti Google Play Store Android atau App Store Apple untuk iPhone dan iPad. sebutkan contoh-contoh tertentu—tetapi Anda mungkin tahu jenisnya. Mereka sering menampilkan grafik dan gameplay yang belum sempurna. Sebaliknya, mereka hampir sepenuhnya mengandalkan tipu daya psikologis untuk membuat pemain tetap sibuk dan mudah-mudahan menarik mereka untuk membeli upgrade untuk mempercepat segalanya. daripada harga pembelian awal. Faktanya, model bisnis game ini bergantung pada Anda untuk menjadi kecanduan. Jika Anda tidak berhati-hati, Anda akan membeli mata uang dalam game untuk menyelesaikan beberapa barang kecil lebih cepat atau membuka sesuatu lebih cepat. Anda mungkin ingin menjauhkan diri dari game seperti ini.

Namun, bukan hanya game seluler sewaan yang mencoba ini. Misalnya, kotak jarahan dari Team Fortress 2 cukup banyak karena isinya diacak. Sebelum Anda menyadarinya, Anda menghabiskan banyak uang dengan harapan mendapatkan hadiah tertentu; itu perjudian dengan nama lain.

Meskipun tidak setiap pengembang di luar sana menetapkan untuk membuat pemain kecanduan, cara manusia selalu tertarik untuk mendapatkan lebih dari apa pun berarti sangat mudah untuk menghabiskan uang untuk membuka kunci, bahkan jika Anda tidak melakukannya. membutuhkan atau menginginkan mereka. Pokoknya, mainkan game F2P jika Anda suka, tetapi selalu waspada agar Anda tidak terpeleset.

Itulah berita seputar Apa Artinya F2P? Menjelaskan Cara Kerja Free-to-Play, semoga bermanfaat. Disadur dari HowToGeek.com.