Steam Menjadi Lebih Baik di Linux

  • Post author:
  • Post category:Games

Steam adalah platform paling populer untuk game PC, dan ada lebih banyak pekerjaan dari sebelumnya untuk mendukung Linux dengan kedatangan Steam Deck. Sekarang ada versi yang ditingkatkan dari paket Snap untuk Steam, yang bertujuan untuk membuat game Linux desktop menjadi lebih mudah.

Canonical, perusahaan di belakang Ubuntu Linux, bermitra dengan Valve awal tahun ini untuk membuat paket ‘Snap’ dalam wadah untuk Steam. Paket Snap menggabungkan Steam dengan semua grafik dan pustaka API yang diperlukan dalam satu unduhan mudah untuk semua distribusi Linux yang mendukung Snap — termasuk Ubuntu, KDE Neon, Debian, Fedora, Pop!_OS, dan lainnya.

Canonical kini telah meluncurkan pembaruan ke Steam. Peningkatan utama adalah bahwa game Steam akan menggunakan versi terbaru dari perpustakaan grafis Mesa, yang disediakan oleh repositori “Oibaf” yang populer. Canonical mengatakan dalam posting blog, “ini berarti game Anda akan dapat memanfaatkan perpustakaan Mesa yang berdarah tanpa memengaruhi stabilitas sistem Anda atau biaya tambahan untuk menambahkan PPA dan mengaktifkan kembali setelah memutakhirkan.”

Ada lebih banyak pembaruan untuk paket Snap yang sedang berjalan juga. Canonical sedang mengerjakan migrasi pustaka Mesa ke Snap konten, sehingga dapat dikelola secara independen dari Steam — misalnya, Anda dapat memilih driver stabil yang lebih lama jika Anda mengalami masalah dengan versi yang lebih baru. Lapisan kompatibilitas Proton untuk menjalankan game Windows juga akan diaktifkan secara default di beberapa titik. Paket

Snap masih kontroversial, karena tidak sepenuhnya merupakan standar terbuka (Canonical mengontrol satu-satunya ‘app store’ Snap), dan dapat memiliki kinerja dan kelemahan kegunaan. Namun, Steam dan game yang diinstal tampak seperti kasus penggunaan yang sempurna untuk teknologi container seperti Snap — game jarang membutuhkan akses ke file eksternal, dan perangkat lunak non-game biasanya tidak memerlukan driver grafis yang canggih.

Steam tersedia dari Snapcraft. Jika Anda masih tidak menyukai Snap, atau distro Linux Anda belum menginstalnya, Steam masih tersedia sebagai paket Debian biasa. Ada juga versi Flatpak yang dikembangkan komunitas, ideal untuk distribusi yang tidak didasarkan pada Debian.

Sumber: Ubuntu

Disadur dari HowToGeek.com.