Amankan Natal, GP Anshor Siap Terjunkan 2,6 Juta Anggotanya

Magelang – Pengurus pusat Gerakan Pemuda (GP) Anshor menyiapkan 2,6 juta anggotanya yang terlatih untuk membantu pengamanan perayanaan Natal dan Tahun Baru 2012. Anggota ini siap diterjunkan apabila ada permintaan dari pihak gereja yang akan melakukan kegiatan Natal.

Ketua Umum GP Anshor, Nusron Wahid, telah meminta semua jajarannya di seluruh Indonesia ikut terlibat membantu polisi. Keterlibatan dalam pengamanan Natal ini dalam rangka untuk mengamankan Indonesia.

“Kita minta semua kekuatan. Kalau di ranting ya di wilayah ranting, kalau di rayon ya rayon, kalau di anak cabang ya anak cabang, dan kalau di cabang ya cabang. Kalau ada surat dari gereja meminta tolong ya harus dilayani dengan baik,” tegas Nusron di sela-sela kegiatan deklarasi Asta NU di Kabupaten Magelang, Jateng, Rabu (14/12/2011).

Nusron menjelaskan di tingkat pusat, sudah mendapat surat permintaan bantuan dari GKI, PGI, KWI, dan lainnya. Semuanya akan dilayani dengan baik. Niat Anshor adalah ingin membantu mengamankan Indonesia dengan jumlah personel sesuai permintaan.

Jumlah personel yang akan diturunkan guna mengamankan Natal, kata dia, juga akan disesuaikan dengan tingkat sensitifitas suatu daerah terhadap isu SARA. Makin sensitif suatu daerah, jumlah yang akan diturunkan semakin banyak. Namun, jika daerahnya dinilai aman maka cukup polisi yang mengamankan.

“Sementara ini berapa jumlah yang akan diturunkan dari yang disiapkan belum tahu. Sebab pengajuan permintaan bantuan masih kita buka sampai 20 Desember, namun biasanya cukup 1/10 saja,” kata Nusron.

Berdasarkan hasil identifikasi, terdapat sejumlah daerah yang tergolong sensitif terhadap isu SARA selama ini. Antara lain adalah Jakarta, Semarang, Surabaya, Salatiga, Solo, Malang, Jember, Madiun dan Bandung.

“Untuk Magelang biasanya aman-aman saja tidak ada kejadian bernunsa SARA. Sensitif itu artinya sangat rentan isu SARA. Biasanya kalau daerah yang sensitif itu kita terjunkan antara 20-50 personil, kalau yang aman cukup 10 saja,” tegas Nusron.

Ditambahkan, dari jumlah anggota keseluruhan yang disiapkan antara lain adalah ada di Jabotabek 6.000 personel, di Solo 4.000, Semarang 2.400, Bandung Raya 1.800. Dan daerah-daerah lainnya juga sudah disiapkan.

Ketua GP Anshor Kabupaten Magelang, Chabibullah, saat mendampingi Nusron Wahid mengatakan, Ansor Cabang Magelang juga siap menerjunkan anggotanya jika dibutuhkan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2012. Meski Magelang termasuk aman namun anggota siap ditugaskan di daerah lain.

Lanjutkan toleransimu, walaupun seharusnya ini merupakan tanggungjawab aparat…

Sumber: detik.com

One thought on “Amankan Natal, GP Anshor Siap Terjunkan 2,6 Juta Anggotanya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: