Kader Muda NU Ciamis Peringati Resolusi Jihad

Ciamis, NU Online
Hampir  500 generasi muda Nahdlatul Ulama Kabupaten Ciamis memadati aula kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU), untuk mengikuti peringatan Resolusi Jihad yang diselanggarakan Kaukus Muda Nahdlatul Ulama di Jalan Raya Banjar-Ciamis no 27, Kamis (10/11).

Ketua Pelaksana Asep Irfan Mujahid yang juga Ketua PC IPNU Ciamis mengatakan,  kegiatan tersebut bertujuan untuk membentuk karakter bela bangsa bagi setiap kader muda NU. Apalagi dalam konteks kekinian, korupsi dan kerusakan moral bangsa menjadi bahaya laten bagi keutuhan bangsa.

“Tidak menutup kemungkinan pada Hari Anti Korupsi Sedunia, Kaukus Muda NU akan menggelar peringatan dengan melibatkan kader yang lebih banyak lagi dan mengkampanyekan jihad melawan korupsi,” ungkapnya.

Dia bersyukur kegiatan berjalan sesuai rencana. “Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh kader muda NU dari Ponpes Arrisalah Cijantung, Miftahul Ulum, IPNU, IPPNU, Banser, Ansor dan PMII, serta Ketua PCNU Ciamis, Wakil Bupati Ciamis, Dandim 0613 Ciamis, ketua partai yang hadir, ketua KNPI serta Kabag Kesra Setda Ciamis,” paparnya.

Peringatan Resolusi Jihad ini dibagi dua sesi. Pertama halaqoh yang dipusatkan di aula PC NU. Bertujuan untuk memberikan pencerahan mengenai makna jihad dan semangat jihad dalam membea bangsa. Kedua kegiatan inti, yaitu Apel Peringatan Resolusi Jihad yang digelar di halaman kantor PCNU.

Dalam sambutannya Ketua Tanfidziyah NU Ciamis KH Drs Agus Abdul Kholik Sirodj MM mengatakan kegiatan tersebut merupakan penghormatan sejarah, dimana ulama berada di garis terdepan dalam melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Pada tahun 1945, resolusi di gelar oleh para ulama NU di Jawa Timur. Dalam resolusi itu di serukan agar kaum muslimin ikut berjuang mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Nah, resolusi jihad itu merupakan ruh dari peristiwa 10 November 1945 yang di kenal dengan Hari Pahlawan,” bebernya.

Dia menambahkan, fatwa resolusi jihad tersebut dikeluarkan 19 hari sebelum meletusnya peristiwa yang mengorbankan nyawa para pahlawan bangsa. “Resolusi Jihad membakar semangat perjuangan. “Di dalamnya berisi kewajiban bagi seluruh muslim untuk ikut bertempur mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan wajib membantu muslim lainya dalam berperang melawan penjajah,” tambahnya.

Dengan peringatan resolusi jihad ini, Agus yang menjadi Pimpinan Ponpes Al Qur’an Cijantung ini mengharap, kader muda NU terus berjuang mengembangkan potensi diri dengan bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu. Baik pengetahuan umum maupun pengetahuan agama.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Ciamis H Iing Syam Arifien mengajak para masyarakat, khususnya warga NU  untuk meneruskan perjuangan pahlawan dengan peran masing-masing dalam mewujudkan generasi muda yang lebih maju. “Generasi muda harus menghindari narkoba. Karena bisa menghancurkan generasi muda Indonesia,” pungkasnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: