Karnaval Perayaan Tahun Baru Islam di Demak

Demak, NU Online
Ribuan santri, pelajar dan Ormas Islam pagi ini Ahad 27/11 mengilkuti karnaval dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Hijriyah yang dipusatkan di Alun Alun depan Masjid Agung Demak.

Acara ini dimotori oleh Majlis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Demak dengan peserta pawai santri dari pondok pesantren, pelajar dilingkungan Demak serta ormas Islam di Kabupaten Demak yakni Ansor, Banser, Fatayat, IPNU,IPPNUdan Pemuda Muhammadiyah dengan mengambil rute start dari depan kantor kejaksaan dan finish di Depan Masjid Agung Demak.

Ketua panitia penyelenggara KH Arief Kholil pada NU Online mengatakan  penyelenggaraan acara ini dimaksudkan untuk mengigatkan kembali pada umat tentang perjuangan Rasulullah SAW, dimana perjuangan itu sangat berat dan berliku, dengan perayaan ini diharapkan pula agar umat bisa meningkatkan ibadah dan ketaqwaan pada Allah SWT.

“Masyarakat ini biar tahu mas, betapa beratnya perjuangan Rasulullah SAW, jadi dalam perayaan ini kita bikin kegiatan yang positif dengan penuh syi’ar

KH Arief juga menambahkan perayaan ini mempunyai target agar greget dikalangan umat bisa muncul kembali untuk bisa menambah mencintai Rasulullah SAW, memperkokoh ukhuwah, serta penanaman nilai perjuangan dikalangan pelajar dan santri.

Selama ini memperingati tahun baru foya foya adanya, tapi beda dengan umat Islam dalam menyambut 1 Muharam, biasanya diisi dengan tirakatan baik mujahadah, istighotsah maupun refleksi, qiyqmullai lha ini adik adik pelajar dan santri biar bisa merubah tradisi itu” Tambahnya.

Peserta karnaval disambut pejabat pemkab dan ulama dipanggung kehormatan, yakni Bupati, wakil Bupati, Dandim,Kapolres,Ka Kemenag Demak, Ketua DPRD, SKPD, Ketua MUI serta tamu undangan lain, disamping itu acara disambut meriah oleh ribuan pengunjung disepanjang jalan yang dilalui peserta.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: