Pengurus PCNU Kota Malang dilantik

Malang, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang periode 2011-2016, Ahad (23/10) dilantik di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM). Pelantikan dilakukan oleh Rais Syuriyah Pengurus Wilayah (PWNU) Jawa Timur KH Miftahul Akhyar, setelah sebelumnya dibacakan Surat Keputusan Pengurus Besar (PBNU) oleh Sekretaris PWNU Jawa Timur H Masyhudi Mukhtar.

Untuk masa khidmah 2011-2016, PCNU Kota Malang dipimpin oleh Rais Syuriyah KH Chamzawi dan Ketua Tanfidziyah KH Marzuki Mustamar. Keduanya terpilih kembali dalam Konferensi Cabang (Konfercab) yang digelar pada Mei 2011 lalu setelah periode sebelumnya juga memimpin PCNU Kota Malang.

Pelantikan PCNU Kota Malang diikuti dengan pengukuhan dan pelantikan pengurus harian lembaga dan lajnah yang baru. Ada 16 lembaga dan lajnah di lingkungan PCNU Kota Malang pada periode kali ini.

Acara pelantikan yang dirangkai dengan Halal bi Halal yang dihadiri oleh Wali Kota Malang Peni Suparto dan perwakilan dari tokoh lintas agama setempat. Acara didahului dengan penampilan grup qasidah Nada Qalbu Pondok Pesantren Hayatul Islamiyah yang berada di bawah arahan Lembaga Seniman dan Budayawan Muslimin Indonesia (Lesbumi Kota Malang).

Suasana pelantilan juga dimeriahkan dengan penampilan para kader pesilat dari Ikatan Pencak Silat Pagar Nusa NU Kota Malang. Sebelumnya lantunan ayat suci al-Qur’an dari Ahmad Fauzan Muhson, Juara MTQ Anak tingkat Provionsi Jawa Timur dari NU Kota Malang yang memenangi gelaran MTQ anak di Ponorogo, menggetarkan ribuan warga Nahdliyin yang hadir di Graha Cakrawala UM.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh rektor tiga universitas terkemuka di Kota Malang, yakni UM Prof Suparno, Rektor UIN Malang Prof Imam Suprayogo dan Rektor Unisma Prof Surahmat yang menjadi bagian dari warga Mahdliyin Kota Malang. “PCNU Kota Malang ini disanggah oleh tiga rektor,” kata Prof Imam Suprayogo saat memberikan sambutan.

Kepengurusan PCNU Kota Malang serta pengurus lembaga dan lajnah periode kali ini memang didominasi oleh para akademisi kampus. Beberapa kegiatan penting juga dilakukan di seputaran kampus. Rais Syuriyah PWNU Jawa Timur KH Miftahul Akhyar berharap dengan digawangi oleh para akademisi, akan ada terobosan-terobosan program baru yang dilakukan oleh PCNU Kota Malang, yang dapat menjadi percontohan untuk pengurus cabang NU lainnya di wilayah Jawa Timur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: