Peringatan Resolusi Jihad: GP Ansor Demak Gelar Kirab Dengan TNI

Demak, NU Online
Dalam rangka mengenang Resolusi Jihad Rois Akbar tanggal 22 Oktober 1945 dan memperingati Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia ke-66 Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Demak Menyelenggarakan Kirab kebangsaan bersama TNI, Ahad, 15/10/2011.

Kirab yang dibidani dan dipimpin Ansor dan TNI tersebut selain dari anggota TNI, Ansor dan Banser juga diikuti Fatayat, IPNU,IPPNU,  pelajar, pramuka dan lintas agama dimana semua peserta kirab membawa bendera merah putih dengan mengambil rute jalan protokol, Alun Alun depan Masjid Agung Demak dengan finish di Makodim 0716 Demak.
Ketua Ansor Demak Maskuri mengatakan dengan kirab kebangsaan diharapkan bisa membangkitkan kembali rasa nasionalisme dan membangkitkan lagi Resolusi Jihad kepada seluruh komponen bangsa terutama dikalangan generasi muda biar tahu bahwa para pejuang kemerdekaan dalam merebut merah putih itu sangat mahal, maka panitia dalam kirab juga melibatkan pramuka dan para pelajar dikabupaten Demak.

“Kami menggagas kirab ini dengan  Dandim Demak agar Masyarakat khususnya generasi muda bisa mengerti dan merasa memiliki Indonesia, dulu resolusi jihad muncul kan karena kondisi bangsa, maka Ulama Kiai dan TNI bersatu merebut kembali Indonesia,” katanya.

Setelah selesai memberi penghormatan kepada perserta kirab Dandim 0716 Demak Letkol Inf Ruli Candrayadi SH Dipanggung kehormatan kepada pers mengatakan penyelenggaraan kirab bersama Ansor merupakan bentuk kepedulian anak bangsa terhadap negaranya, bagi TNI NKRI merupakan harga mati yang harus dipertahankan bersama rakyat Indonesia.

“TNI dan Rakyat bersama sama dalam merebut kemerdekaan, maka dalam menjaga keutuhan bangsa ini TNI rakyat juga akan selalu bersama sama,” katanya.

Dandim juga menambahkan dia sangat berterima kasih dengan Ansor  yang membantu pelaksanaan acara kirab sehingga dalam pelaksanannya sukses, dan disambut secara antusias oleh warga.

“Kami sangat berterima kasih sama Ansor dan Banser yang mempunyai ide dan gagasan bahkan membantu awal sampai akhir sehingga acara sukses,” tambahnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: