Ribuan Pelajar akan ikuti Olimpiade IPNU-IPPNU Kudus

Kudus, NU Online
Sebanyak 5000 siswa-siswi madrasah dan sekolah umum mengikuti olimpiade pelajar yang diselenggarakan PC IPNU-IPPNU kabupaten Kudus di Komplek Gor Wergu Kudus, Selasa (15/11).

Mereka yang berasal dari pelajar SMP/MTs/SMK/MA/SMA se kabupaten Kudus itu dengan antusias berkompetisi dalam berbagai cabang yang dilombakan yakni Mata Pelajaran Fisika, Matematika, Geguritan, MTQ. Pidato Bahasa Arab dan Inggris serta Tenis Meja.

Ketua PC IPPNU Kudus Ana Shofawati mengatakan olimpiade ini dimaksudkan memberikan wahana bagi pelajar untuk meningkatkan ilmu pengetahuan, ketrampilan dan potensi yang dimiliki sehingga memperoleh prestasi.

“Termasuk pula memperkenalkan eksistensi IPNU-IPPNU sekaligus pendekatan terhadap  Madrasah Ma’arif NU maupun sekolah umum,” ujarnya kepada NU Online kemarin.

Dikatakan, IPNU-IPPNU sebagai organisasi pelajar belum mendapat pengakuan dari pihak madrasah dan sekolah sehingga keberadaannya tidak mampu berkembang.

“Kalau dievaluasi, madrasah atau sekolah sebetulnya welcome untuk mendirikan IPNU-IPPNU. Tapi usai diberi pengesahan, banyak diantara madrasah kurang memberi dukungan akan program yang dijalankan IPNU-IPPNU tingkat komisariat itu,” tutur Ana.

Ia berharap Madrasah atau sekolah terutama dibawah nauangan LP Ma’arif NU Kudus memberikan kewenangan penuh kepada IPNU-IPPNU merealisir programnya dibanding organisasi siswa intra sekolah (OSIS).

“Adanya IPNU-IPPNU di madrasah atau sekolah, kita akan mudah memperjuangkan kepentingan pelajar. Apalagi sekarang ini, para pelajar membutuhkan pendampingan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungannya.” tandas Ana Shofawati.

Melihat antusiasme pelajar pada olimpiade, Ana menilai potensi yang dimiliki para pelajar sangat besar.

“Dengan tahu potensi pelajar seperti ini, IPNU-IPPNU memiliki tanggung jawab semakin besar dan tertantang memberdayakannya,” tambahnya lagi.

Olimpiade pelajar yang dibuka Ka Dinas Pendidikan dan Pemuda Olah Raga Kabupaten Kudus ini, memperebutkan tropi dan uang pembinaan. Hingga berita ini ditulis belum diketahui hasil prestasi yang diraih peserta olimpiade.

“Pengumuman dan penyerahan hadiah bersamaan pembukaan konperensi Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Kudus 25 Nopember mendatang,” jelas Ana.

Satu minggu sebelumnya (8/11), IPNU-IPPNU mengadakan Porseni yang diikuti 9 kontingen Pimpinan Anak Cabang. Kedua acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan Konperensi Cabang IPNU-IPPNU Kabupaten Kudus yang rencananya akan dilaksanakan di Madrasah Aliyah NU Miftahul Falah Cendono Dawe Kudus 25-27 Nopember 2011

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: