Haul KH Abdul Hamid Pasuruan, Ramai

Ribuan warga berbondong-bondong menghadiri peringatan haul ke-30 KH Abdul Hamid di Pondok Pesantren (Ponpes) Salafiyah Kota Pasuruan, Kamis (2/2).

Haul ulama kharismatik hari ini, tak hanya dihadiri kalangan masyarakat umum, namun juga dihadiri sejumlah pejabat. Diantaranya pejabat yang hadir ini adalah Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gus Ipul dalam sambutannya mengatakan, sepanjang hidup KH Abdul Hamid merupakan sosok pribadi yang ahli tirakat. Sehingga tak heran, jika ulama kebanggaan Kota Pasuruan ini memiliki karomah yang sangat luar biasa. “Semasa hidup KH Abdul Hamid ini, tirakat” katanya.

Menurutnya, karena karomahnya KH Abdul Hamid, tak heran jika setiap tahun di hari peringatan haul kyai khos tersebut, umat Islam selalu berdatangan untuk mengaji. “Karena karomah beliau lah, warga selalu hadir dalam haul KH Abdul Hamid yang setiap tahunnya digelar” jelas Gus Ipul.

Sementara itu, Walikota Pasuruan H Hasani menuturkan, KH Abdul Hamid adalah salah satu kyai yang sangat kesohor dengan kewaliannya. Ini karena ulama kharismatik itu, mengetahui peristiwa-peristiwa yang dialami orang lain.

“Saya pernah hendak ditilang polisi, saat hendak jamaah sholat Shubuh bersama beliau. Namun, saya akhirnya dilepas polisi meski tidak memaki helm. Begitu tiba di pondok, KH Abdul Hamid menegor saya agar lain kali memakai helm jika naik motor” tutur H Hasani.

Sumber: NU Online

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: