KH Hasyim Muzadi: Indonesia Butuh Pemimpin Pintar dan Benar

Kendal, NU Online
Saat ini Indonesia membutuhkan orang-orang yang benar tidak sekedar pandai untuk mengelola bangsa dan negara. Jika sekedar pandai saat ini negara kita sudah banyak orang pandai. Namun orang pandai dan benar itulah jumlahnya yang tidak banyak.

Demikian dikatakan Rais Syuriyah PBNU KH. Hasyim Muzadi saat mengisi pengajian dalam rangka haul KH Musyaffa’ di pesantren Al Musyaffa’, Kampir, Sudipayung, Ngampel Kendal, Ahad (23/2)

“Orang pandai yang tidak benar justru merepotkan kita semua. Kerjanya hanya ngakali orang-orang yang muklis (ikhlas),”kelakar Hasyim disambut tawa hadirin

Menurut Hasyim bangsa ini memang sangat ironis. Negeri kita kaya raya dengan berbagai potensi yang ada namun rakyat kita termiskin se Asia, kata Hasyim. Lebih lanjut Hasyim. Oleh karenanya menurut Pengasuh pesantren Mahasiswa Al Hiikam Malang ini bangsa Indonesia membutuhkan tidak sekedar orang pandai, tetapi juga orang benar. Orang benar itu menurutnya adalah orang yang takut pada Allah SWT.

“Hanya orang yang pandai dan takut kepada Allah saja yang akan mampu membawa negeri ini membawa kepada kejayaan. Orang yang pandai dan takut pada Allah SWT itulah ulama.” tegas pengasuh pesantren Al Hikam Malang dan Depok itu.

Dalam pengajian yang dihadiri oleh ribuan pengunjung itu hadir juga Bupati Kendal Hj Widya Kandi Susanti yang juga memberikan sambutan. Rois Syuriyah PCNU Kendal KH. Izzudin Abdussalam dan ketua PC NU Kendal M Ali Hasan.

Sementara dalam sambutannya shohibul ma’had, KH Mukhlis Musyaffa’ meminta masyarakat tidak perlu mengkuatirkan dengan pendidikan yang ada di pesantrenny,a biarkan yang sistem salaf berjalan menurut sistem salaf dan yang sekolah formal juga berjalan dengan sistem yang ada. Semuanya berjalan dengan sistemnya sendiri-sendiri.

Sekedar di ketahui di pesantren Al Musyaffa’ pendidikan memang ada dua jalur. Disamping pendidikan pesantren salaf juga membuka pendidikan formal SMK Al Musyaffa’ dengan jurusan otomotif, intalasi listrik dan tata busana.
“ Tahun ini (Juli) isyallah akan membuka SMP,” terang Kiai Mukhlis.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: