MUI siapkan Rp7 miliar cetak Mushaf Al-Bantani

Serang, NU Online
Mejelis Ulama Indonesia Provinsi Banten menyiapkan anggaran Rp7 miliar dari dana hibah APBD Banten 2012 untuk mencetak Al Quran mushaf Al-Bantani lengkap dengan terjemahannya.

Ketua MUI Provinsi Banten Dr H AM Romly di Serang, Selasa mengatakan, total dana hibah yang diberikan Pemprov Banten kepada MUI Banten pada 2012 sebesar Rp 9,5 miliar.

Anggaran tersebut untuk pencetakan Al-Quran mushaf Al-Bantani senilai Rp7 miliar, sisanya Rp 2,5 miliar untuk bantuan operasional MUI provinsi, kabupaten/kota, serta kecamatan se-Banten.

“Mushaf Al-Bantani kali ini rencananya akan dicetak dengan terjemahannya, dengan dihiasi ornamen kebudayaan Banten yang kental nuansa Islami,” kata AM Romly usai pelantikan pengurus MUI Banten masa khidmat 2011-2016 di pendopo gubernur Banten.

AM Romly mengatakan, penerbitan Al-Quran mushaf Al-Bantani awalnya digagas Gubernur Banten Rt Atut Chosiyah dan teralisasi pada 2009.

Namun pada cetakan pertama, mushaf Al-Bantani tidak dilengkapi terjemahan dan pada cetakan kedua akan dilengkapi terjemahan.

Menurut AM Romly, mushaf Al-Bantani dilengkapi terjemahan bertujuan agar masyarakat khususnya ummat muslim di Banten dapat memahami dan memaknai isi Al Quran.

“Kami sengaja ingin ada terjemahan agar masyarakat tidak sekadar membaca Al-Quran untuk mendapatkan pahala, tetapi juga dapat memaknai dan memahami kandungannya agar bisa dilaksanakan dalam kehidupan,” katanya.

Melalui pencetakan mushaf Al-Bantani dengan terjemahan tersebut, MUI berharap masyarakat Banten dapat membiasakan diri membaca Al Quran setiap maghrib dan subuh, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan menumbuhkan cinta kasih antar sesama.

Ia mengaku belum menentukan jumlah yang akan dicetak dan lokasi pencetakannya karena masih dalam kajian tim MUI Banten. Namun percetakan tersebut yang memiliki standarisasi dan kualitas serta kualifikasi untuk mencetak Al Quran.

Gubernur Banten Rt Atut Chosiyah dalam sambutannya mengatakan, pencetakan Al Quran mushaf Al-Bantani merupakan upaya Pemprov Banten untuk meningkatkan kegemaran masyarakat Banten membaca Al-Quran dan menjadi kebanggan tersendiri karena menjadi khas dan ditulis oleh putra Banten.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: