NU Akan Dirikan 10 Universitas Baru

Jakarta – Organisasi kemasyarakatan (ormas) terbesar di Indonesia, Nahdatul Ulama (NU), di bawah kepemimpinan KH. Said Aqil Siroj semakin giat menggarap bidang pendidikan. Dalam waktu dekat mereka akan membangun 10 universitas di Tanah Air.

“Satu di antaranya sudah rampung dan mulai berjalan (kegiatan perkuliahannya), yaitu di Cirebon,” ujar Kiai Said di Jakarta, Rabu (25/1).

Sementara untuk sembilan universitas lainnya, menurut dia, pembangunan fisiknya masih dalam proses.

Kiai Said menegaskan, pihaknya sangat serius untuk mendirikan Universitas NU di Jakarta, Sumatera, Sulawesi, serta provinsi-provinsi lain. Dalam kaitan ini persoalan perizinan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah turun.  “Alhamdulillah kami banyak dibantu Bapak M Nuh,” ungkapnya.   

Lebih lanjut Kiai Said menjelaskan, latar belakang keputusan mendirikan universitas karena semakin banyaknya permintaan dari masyarakat, khususnya Nahdliyin.  Di sisi lain, sudah waktunya NU semakin menggalakkan kiprahnya di bidang pendidikan.

“Sudah saatnya kami tampil, karena selama Orde Baru NU dilarang memiliki universitas,” tutur Kang Said, demikian Kiai Said disapa.

Bentuk konkret larangan yang dimaksud yaitu penggunaan nama NU pada universitas-universitas milik warga ahlus sunah wal jamaah. 

“Sebenarnya kami sudah punya beberapa universitas, di antaranya Universitas Wahid Hasyim di Semarang, Unisma Malang, di Jepara, dan lain-lain, tapi waktu itu semua dilarang menggunakan nama NU,” pungkas Kang Said tegas.

Sumber: NU Online

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: