NU Expo 28-29 Januari di Jawa Timur

Jakarta – Rembug nasional saudagar NU dan NU Expo akan digelar di Jawa Timur pada 26-29 Januari 2012 di Grand City Surabaya. Launching acara yang digelar oleh Lembaga Perekonomian NU dan Himpunan Pengusaha NU (HPN) ini digelar di halaman PBNU, Kamis (5/1).

Abdul Kholik, ketua HPN menjelaskan, acara ini murni aktifitas ekonomi, bukan politik, sebagai upaya menindaklanjuti rintisan para pendahulu NU yang mengorganisasikan aktifitas ekonominya melalui Nahdlatut Tujjar.

Para pengusaha NU, saat ini sebagian besar masih menekuni sektor ekonomi UKM, dan sebagian besar masih menjadi konsumen. “Meskipun sekarang masih menjadi konsumen, kami berharap ke depannya bisa menjadi produsen,” katanya. 

Dalam NU Expo, akan digelar sejumlah pameran hasil usaha warga NU, terdapat 250 stand yang disiapkan. Ia menegaskan, kegiatan HPN tidak berhenti disitu, tetapi akan diikuti kegiatan yang lebih mendalam seperti pemberian pembinaan sehingga para pengusaha NU bisa lebih maju.

Ia berharap para pengusaha yang saat ini sudah memiliki usaha yang besar bisa bekerjasama dengan memberikan bantuannya kepada usaha kecil dan mikro. “Kita ingin bekerjasama yang saling menguntungkan, karena itu, motto kami memberdayakan si kecil, membuat nyaman si besar dalam memantapkan ketahanan ekonomi bangsa.”

Sementara itu, dalam Rembug Nasional Saudagar NU, yang diikuti oleh para pengusaha NU, diharapkan dapat mensosialisasikan program-program pengembangan perekonomian warga NU dan arena sumbang saran konsep-konsep dan pelaksanaan ekonomi kerakyatan vbersi NU untuk pemerintah yang merupakan hasil diskusi tokoh nasional dan saudagar NU.

Ia berharap pertemuan tersebut mampu menelurkan jalinan kerjasama bisnis antara pengusaha UKM NU dengan pengusaha besar, serta mampu mengangkat citra pengusaha NU dalam percaturan bisnis. Peserta rembug nasional terdiri dari utusan PWNU se-Indonesia, pondok pesantren yang memiliki usaha mandiri serta pengusaha NU.

Ketua LPNH H Muhyiddin Arubusman menjelaskan, LPNU ingin menggalang seluruh potensi ekonomi yang ada dengan berfokus pada kegiatan riil yang menyentuh rakyat kecil. Beberapa kegiatan yang sudah diselenggarakan diantaranya, pelatihan Baitul Mal wa Tamwil, pelatihan kewirausahaan  sampai dengan pelatihan bagi para motivator kewirausahaan.

Hadir dalam acara launching tersebut sejumlah perwakilan negara sahabat seperti dari Saudi Arabia, Libya, Iran, Yaman, Lebanon dan Taiwan.

Sumber: NU Online, LPNU

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: