Siapa itu Ibnu Wahshiyya

Ibnu Wahshiyya atau Abu Bakar Ahmad bin Ali bin Qasy al-Wahshiyyah adalah ulama yang hidup diabad 9-10 masehi di daerah Qusayn, dekat Kufa – Irak. Beliau adalah seorang ilmuwan kimia, pertanian, toksikologi peternakan, sejahrawan dan ahli kebudayaan bangsa mesir. Beliaulah orang pertama yang berhasil membaca hieroglif mesir kuno (jauh sebelum bangsa barat mengklaim) berdasarkan penelitiannya ke Mesir. Berkat kemampuan menuliskan dechiper dari tulisan hierologlif mesir kuno tersebut, ilmuwan dan sejarawan masa kini dapat meneliti kebudayaan mesir kuno.

Mahakarya

Ibnu an-Nadhim dalam kitab al-Fihrist-nya, mengungkapkan banyak sekali kitab-kitab tentang ilmu hikmah, patung, perdagangan, pertanian, kimia, fisika dan obat-obatan yang ditulis oleh Ibnu Wahshiyya sendiri maupun diterjemahkan oleh beliau. Salah satu mahakarya kitabnya dalam bidang kimia ditulis bersama seorang ilmuwan kimian Abu Talib az-Zalyat yang kemudian hari dikutip dan dikembangkan ilmunya oleh ad-Dimashqi.

Salah satu karya besarnya yang lain adalah kitab al-Filahatun Nabatiya (Pertanian orang Nabatea) yang membahas seputar pertanian yang bersumber dari budaya Suku Nabatea (Babylonia kuno).

Ibn Wahshiyya dan Para muridnya

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: