Syaifullah Yusuf: Saatnya Pesantren Miliki BMT dan Rumah Sakit

Seiring pesatnya kemajuan zaman juga pertumbuhan ekonomi di Indonesia ini di harapakan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) bisa memiliki sebuah Baitul Maal Watamwil (Bmt) dan juga rumah sakit supaya tidak tertinggal jauh dengan lembaga pendidikan yang lain.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Saefullah Yusuf saat mengahadiri acara pembukaan Silaturrahmi Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Wilayah Jawa Timur di Hotel Willis Resort, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

“Kalau ada BMT di setiap pondok pesantren, orangtua wali santri tidak perlu pinjam ke mana-mana, tapi cukup pinjam di BMT. Kalau pondok bisa begitu, saya kira ekonomi bisa digerakkan melalui pondok,” terang Gus Ipul, Jum’at (27/01). 

Selain adanya pembentukan Baitul Maal tersebut yang bisa meningkatkan dibidang ekonomi, untuk bergerek di bidang kesehatan pondok pesantren juga diharapkan punya pelayanan kesehatan yang modern, bisa melayani santri, walisantri, dan masyarakat umum.

Selain dua hal tersebut, pondok diharapkan memiliki perpustakaan yang modern, serba digital, kalau referensi tidak bisa ditemukan di perpustakaan, bisa mencari dengan cara digital. “Saya kira kalau BMT, Perpustakaan, dan pelayanan kesehatan modern terdapat di pondok, akan luar biasa untuk menggerakkan masyarakat dan untuk kemajuan pondok pesantren,” terang Gus Ipul.

Sumber: NU Online

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: