Menakertrans Siapkan Tiga Langkah Permaafan Guna Bebaskan TKI Indonesia di Arab Saudi

Jakarta – Saat ini Pemerintah Indonesia mengupayakan permnohonan maaf bagi Tuti Tursilawati yang mendapatkan tuduhan telah membunuh majikannya yakni Suud Malhaq Al Utibi. Dalam hal tersebut pemerintah telah mempersiapkan tiga langkah pemaafan. Pertama, meminta kepada pemimpin suku atau keluarga besar korban. Kedua, meminta kepada gubernur, dan yang ke tiga, meminta pengampunan kepada raja. “Intinya, sebagai kata kunci TKI yang terancam hukuman pancung kita upayakan bebas, namun bila pihak keluarga yang dibunuh ini memafkan. Sementara pihak keluarga korban hingga saat ini masih ngotot, agar pelaku tetap mendapatkan hukuman pancung,” ungkap Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Muhaimin Iskandar.

Dikatakan oleh Muhaimin, hingga saat ini pemerintah telah mengirimkan 2 orang satgas TKI, yakni Ketua Satgas Maftuh Basyuni dan Alwi Sihab, yang juga didampingi oleh Staf Khusus Menakertrans Abdul Wahid Maktub.

Ketiga utusan tersebut telah berangkat ke Arab Saudi. “Apabila satgas TKI dapat berhasil meyakinkan ketiga titik tersebut maka kita berharap akan dapat terjadi pemaafan. Memang hukuman pancung itu belaku atau tidaknya tergantung pada keluarga korban yang dibunuh,”urai Menteri yang juga Ketua Umum PKB ini.

Bagi TKI yang terancam hukuman mati di Malaysia, Muhaimin meperlakukan khusus untuk negara Jiran tersebut. Menurutnya, sangat sulit mendapatkan pengampunan. Karena kebanyakan kasus yang terjadi adalah narkoba bukan kasus pembunuhan. Walau demikian, pemerintah tetap akan berusaha untuk mendapatkan keringanan hukuman.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: