PKB Desak PPATK Usut Tuntas Rekening PNS Miliaran Rupiah

Jakarta – Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar meminta PPATK untuk segera mengusut para pegawai negeri sipil (PNS) muda yang memiliki rekening hingga miliaran rupiah. PPATK harus mencari tahu apakah harta yang mereka miliki selama ini wajar atau dari korupsi atau gratifikasi.

“Penegak hukum, terutama PPATK, harus segera mengusut PNS-PNS muda yang tidak wajar kekayaannya, terutama di perpajakan, bea cukai, dan tempat-tempat basah lainnya. Mereka kalau di kantor kelihatan sederhana dan miskin, tapi sebenarnya harta mereka luar biasa yang diperoleh dengan cara tidak wajar,” kata Marwan, dalam rilis yang diterima, Kamis, (8/12).


Anggota Komisi III tersebut pun mengusulkan pengusutan tidak hanya ditujukan bagi PNS-PNS muda, tetapi juga PNS tua yang hartanya tidak wajar.

“Jika PPATK menemukan bukti rekeningnya tak wajar, mereka sebaiknya mengumumkan kepada publik,” lanjut Marwan.

“Banyak Gayus muda dan tua yang tersebar merata di birokrasi. Birokrasi kita sudah sangat parah, reformasi birokrasi belum kelihatan hasilnya. Yang paling rawan di sektor perpajakan dan tempat-tempat basah lainnya, bahkan sudah menjadi semacam ‘gaya hidup’ di kalangan PNS muda,” tambahnya.

Marwan pun menambahkan banyak PNS muda yang menyimpan kekayaannya di luar negeri dan dalam bentuk-bentuk lain seperti rumah atau properti. Marwan menegaskan agar PPATK segera mengumumkan secara transparan kekayaan PNS yang tidak wajar.

Sumber: Media Indonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: