PKB: Koalisi Jangan Dibungkus Simbol Agama

JAKARTA – Zainul Munasichin, Wakil Sekretaris Jendral (Wasekjen) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), mengapresiasi gagasan yang disampaikan oleh MS Kaban, ketua Partai Bulan Bintang (PBB), untuk membentuk alinasi partai Islam yang disebutnya sebagai “aliansi hijau”. Namun demikian, ia tidak begitu bersepakat jika aliansi yang dibentuk dengan dibungkus oleh bingkai Islam.

“Gagasan membangun koalisi antar partai bisa membuat partai semakin kokoh, namuan saya lebih sepakat jika aliansi didasarkan atas kesamaan visi dan misi, bukan kesamaan simbol agama,” katanya kepada Republika.

Ia lebih menekankan agar koalisi didasarkan pada substansi bagaimana partai menerjemahkan tata negaranya. PKB mengaku agak pesimis koalisi hijau seperti yang dimaksudkan oleh PBB bisa menggeser partai-partai besar. Menurutya, belum pernah ada dalam sejarah pemilu di Indonesia partai Islam menjadi pemenang pemilu.

“Bukan karena masyarakat tidak bisa menerima partai Islam, tapi karena mereka paham dengan ajaran Islam sehingga tidak mudah tergoda dengan partai yang mencirikan dirinya Islam”, katanya. Islam, menurutnya, bisa diterjemahkan lagi dengan lebih dalam sebagai bentuk perilaku yang menyentuh masyarakat.

Sumber: Republika

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: