PKB & PDIP Dukung Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusulkan sistem proporsional tertutup dalam revisi RUU Pemilu. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung dengan alasan sistem itu lebih menguatkan parpol dan sistem pencalegan yang lebih fair.

“PKB telah melakukan kajian mendalami tentang sistem pemilu yang ideal untuk 2014. Kita sadar, sistem proporsional tertutup atau terbuka sama-sama punya kelebihan dan kelemahan,” kata anggota Komisi II FPKB DPR Malik Haramain pada detikcom, Selasa (13/12/2014).
Namun, lanjut Malik, untuk tujuan penguatan kelembagaan parpol, sistem proporsional tertutup lebih pas diterapkan tahun 2014. “Selain itu pilihan proporsional tertutup lebih bisa mengurangi persaingan yang tidak fair antara caleg satu parpol atau antar caleg parpol lainnya,” jelasnya.

Menurut Malik, di dalam pemilu sebelumnya persaingan cenderung liberal, bebas dan menggunakan money politik, yang sulit diatasi. Di samping itu, pemberlakuan proporsional tertutup jauh lebih sederhana, khususnya dalam tahap penghitungan suara dan penentuan penetapan kursi caleg.

Ditambahkan Malik, PKB sudah memiliki meknisme atau metode yang lebih terbuka dan melibatkan publik dalam menetapkan calegnya. “Mekanisme ini menempatkan prinsip obyektifitas dalam menentukan nomor urut caleg,” pungkasnya.

Sumber: detik.com

One thought on “PKB & PDIP Dukung Sistem Pemilu Proporsional Tertutup

  1. …. yaa dengan proporsional tertutup voter akan dimudahkan memberikan suaranya sekali coblos selesai … urusan caleg wewenang Partai .. sehingga wibawa partai terjaga dan terjamin … sebab dengan sistem proporssional terbuka nyatanya buanyak anggota DPR dan dprdnya enggak kompeten bahkan korup !ayo maju untuk Indonesia !

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: