PKB Terus Galang Kekuatan Poros Tengah

JAKARTA – Kehadiran aliansi Poros Tengah tak digubris Partai Demokrat dan Partai Golkar. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berjanji akan terus menggalang kekuatan Poros Tengah guna menghadang kenaikan ambang batas perolehan suara Pemilu 2014.

Ketua Fraksi PKB di DPR Marwan Jafar mengatakan, Sekretariat Gabungan (Setgab) koalisi hingga saat ini belum mengagendakan rapat pembahasan Rancangan Undang-Undang Pemilu. “Belum ada rapat khusus membahas soal itu, kita masih tunggu,” kata Marwan kepada okezone, Selasa (8/11/2011) malam.

Menurut dia, diabaikannya tuntutan sejumlah parpol koalisi seperti PKB, PAN dan PPP malah membuat Poros Tengah makin intensif berkomunikasi. “Komunikasi dengan lintas partai sevisi jalan terus,” tegasnya. 

Marwan menambahkan meski pengusul Poros Tengah merupakan partai koalisi, namun pembentukan aliansi ini tidak melanggar kontrak koalisi. “Tidak melanggar kontrak koalisi sama sekali,” pungkasnya.

Sebelumnya, kritik terhadap Setgab koalisi juga lantang disuarakan Partai Amanat Nasional (PAN). PAN menilai Setgab makin tidak efektif untuk menciptakan kesepakatan parpol koalisi.

Sementara itu analis politik dari Charta Politika Arya Fernandes berpendapat pembentukan Poros Tengah akan sia-sia. Alasannya, jumlah suara pengusul Poros Tengah di DPR kalah kuat dibanding tiga partai besar yakni Demokrat, Golkar dan PDIP yang berkukuh menaikan ambang batas parlemen di kisaran empat-lima persen.

Sumber: OkeZone

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: