PKB Usul Setgab Jadi Satu Fraksi Gabungan di DPR

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) meminta Setgab Koalisi diperkuat di palemen. Sebab dengan penguatan partai-partai anggota koalisi tersebut posisi pemerintah pun secara otomatis akan semakin kuat dan agenda-agenda pembangunan akan semakin cepat terlaksana.

“Saat ini, Setgab Koalisi harus diperkuat terutama di parlemen agar posisi pemerintah semakin kuat. Kami dari PKB mengusulkan untuk membuat satu fraksi gabungan di DPR,” ujar Wasekjen PKB, Jazilul Fawaid, dalam keteranganya di Jakarta, Kamis (22/12/2012).

Menurut Jazil, ke depannya Setgab Koalisi harus memiliki perhatian di lingkungan perlemen dengan catatan semua anggota harus diajak berkomunikasi dengan baik. Sehingga, setgab koalisi itu bisa efektif dan bisa seperti sebuah rumah yang pintunya satu dan keluarnya pun satu.

“Komunikasi antar partai dalam Setgab Koalisi perlu ditingkatan, sebab bila ada persoalan bisa dirembukan dengan baik dan keputusannya pun hasil bersama dan tidak segelintir partai besar saja, untuk itu pintunya satu tetapi pintu keluarnya banyak dan masing-masing  itu akan berdampak buruk bagi setgab koalisi,” terangnya.

Untuk itu, menurut Jazil, anggota Setgab Koalisi juga harus ada kejelasan siapa yang jadi komandannya sehingga jelas reward dan punishment-nya.

PKB, kata dia, sebagai anggota Setgab Koalisi, tidak setuju dengan adanya ide pembubaran setgab. Sebab hal itu akan mengaburkan makna koalisi. Oleh karenanya, sebaiknya setgab tidak dibubarkan dalam menghadari kisruh yang terjadi saat ini tetapi dicari akar persoalannya dan dirembukan bersama.

Sumber: OkeZone

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: