28 Wakil DPC PKB Se-Jateng Klarifikasi Penundaan Mukerwil

JAKARTA – Puluhan kiai, kader, dan anggota Dewan Syuro Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang berasal dari Jawa Tengah mendatangi kantor pusat PKB di Jalan Raden Saleh, Jakarta, siang ini. Rombongan tersebut berasal dari 28 DPC se-Jawa Tengah.

Kedatangan mereka bertujuan untuk meminta klarifikasi ke pengurus DPP PKB terkait penundaan pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) PKB Jawa tengah, yang sedianya digelar pada Minggu 26 Februari lalu. Selain itu mereka juga meminta agar tak ada intervensi dari pengurus dalam Muswil.

“Kami usul Muswil diselenggarakan paling lambat tanggal 4 atau 5 Maret. Kemarin undangan sudah siap semua. Kalau diundur begini konsolidasi partai malah terhambat,” ujar Haris, pengurus DPC PKB Kabupaten Sragen di Jakarta, Selasa (28/2/2012).

Senada dengan Haris, Ahmad Said, anggota Dewan Syuro DPW PKB Jawa Tengah menjelaskan bahwa kedatangan mereka ke Jakarta untuk menyalurkan aspirasi kader di daerah. Karena menurutnya, kekuatan partai bukan di atas, melainkan di bawah.

“Kami ke sini hanya ingin menyampaikan aspirasi. Sebenarnya tidak ada konflik di Jawa Tengah. Hanya informasi yang mungkin kurang seimbang dari Jawa Tengah  ke DPP,” ujarnya.

Lebih lanjut Ahmad Said mengungkapkan bahwa Muswil harus segera digelar tanpa ada sanksi dari DPP untuk membekukan beberapa DPC. “Kami berharap Muswil diadakan segera dan tidak adacaretaker, kalau ada malah menimbulkan konflik. Harapannya lima hari ke depan lah,” pungkas Said.

Kendati demikian, tidak serta merta DPP PKB langsung memberi legitimasi untuk menyelenggarakan Muswil. DPP memutuskan untuk menggelar sidang pleno terkait masalah ini. Pada kesempatan ini, Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar tidak mengikuti pertemuan hingga selesai.

“Beliau pamit karena ada rapat kabinet. Selain Pak Muhaimin, tadi kita juga ditemui oleh Pak Andi, Pak Mufid, dan Kiai Gofur. Nanti diplenokan DPP. Kami berharap pleno nanti memutuskan aspirasi dari bawah. Kekuatan partai kan di bawah,” tuturnya.

Menurut Ahmad Said, para calon ketua DPW PKB Jateng saat ini sudah bermunculan. Di antaranya Abdul Kadir Karding, Kholik, dan Sukirman. “Tapi itu kan nama yang muncul sekarang. Kalau nama yang mau maju ya belum tahu,” pungkas Said.

Sumber: OkeZone

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: