KH Robbach Ma’shum, Non-Aktif dari Ketua Dewan Syuro PKB Gresik?

GRESIK- Ketua Dewan Syuro DPC PKB Gresik, DR KH Robbach Ma’sum MM mundur dari jabatannya. Mantan Bupati Kabupaten Gresik dua periode ini dikabarkan melepas jabatannya karena kondisi partai sudah tidak kondusif lagi.
Namun, kabar tersebut dibantah Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Gresik, H Khumaidi Ma’un Kamis (9/1). Menurut dia, Kiai Robbach sudah memberitahukan pada pengurus PKB. Alasnnya, ingin istirahat dan menghabiskan waktu tuanya untuk mengabdi kepada umat. ”Kami dapat pemberitahuan itu langsung,” tegasnya.

Makanya, sekarang pengurus PKB yang dinahkodahi Moch Syafik AM akan segera bersikap. Langkah awal, kata dia, akan mengundang semua jajaran pengurus, baik yang duduk di DPC PKB, maupun PAC.

“Sebentar lagi kami akan kumpulkan mereka. Tujuannya, untuk minta pendapat, dan masukan terkait pengunduran kiai Robbbach dari jabatan Ketua Dewan Syuro ini,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, akan memutuskan pengganti posisi kiai Robbach. Sejauh ini, dikatakan sada 2 nama yang digadang-gadang. Mereka adalah KH Husnan Ali (Wakil Ketua Dewan Syuro), dan KH Abdus Syukur (Wakil Ketua Dewan Syuro). “Dua kiai itu sangat layak menggantikan pak kiai Robbach,” terang Khumaidi.

Dia juga menjelaskan bahwa DPC PKB segera mengirimkan surat kepada DPW, dan DPP PKB terkait pengunduran kiai Robbach. Harapannya, DPW dan DPP bisa memberikan arahan, bahkan rekomendasi menyikapi persoalan ini. “Kami segera kirim surat ke DPW dan DPP,” pungkas politisi PKB asal Manyar ini.

Sementara Ketua Dewan Syuro DPC PKB Gresik, DR KH Robbach Ma’sum MM ketika dikonfirmasi melalui telepon selulernya mengatakan, dirinya tidak mundur dari jabatan Ketua Dewan Syuro DPC PKB Gresik. Namun, hanya non-aktif sementara. “Saya tidak mundur. Saya hanya nonaktif sementara,” kata Robbach.

Robbach mengaku ingin istirahat dulu dan konsentrasi mengisi hari tua dengan kegiatan pengabdian kepada umat melalui jamiyah yang dibinaya. “Saya ingin istirahat, saya sudah tua,” tuturnya sembari menambahkan bila PAC-PAC tidak mengizinkannya.

Bahkan, pengurus PAC akan kumpul dan membuat surat pernyataan yang berisikan penolakan Robbach mundur dari Ketua Dewan Syuro PKB. “Pengurus-pengurus PAC PKB tidak rela kalau saya non aktif,” terangnya.

Sejumlah kalangan memprediksi mundurnya dari jabatan Ketua Dewan Syuro PKB, karena tidak betah lagi melihat konflik di tubuh PKB, terlebih adanya beberapa pengurus PKB dan anggota F-KB DPRD Gresik yang mengusulkan Ketua DPRD Gresik, Zulfan Hasyim.

Robbach dengan tegas mengatakan, tidak ada kaitannya dengan masalah tersebut. “Tidak, tidak ada hubungannya dengan masalah tersebut,” kata Robbach

Sumber: SurabayaPost

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: