Muhaimin Batal Kunker Surabaya, Lebih Pilih Redam Aksi Buruh di Cikampek

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar akhirnya menemui ratusan ribu demonstran buruh yang memblokir jalan tol Jakarta-Cikampek. Muhaimin tiba menggunakan helikopter didampingi Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Untung S. Rajab.

Muhaimin menemui demonstran yang memusatkan konsentrasi massa di Km 24.400, Cibitung, Bekasi, Jawa Barat, sejak sekitar pukul 10.00 WIB, Jumat, 27 Januari 2012.

Dalam pertemuan itu, Muhaimin tampak didampingi sejumlah petinggi Kementerian. Muhaimin berusaha menenangkan massa yang sejak pagi telah menutup ruas tol dan yang menimbulkan kemacetan hingga ke Cawang, Jakarta Timur.

Muhaimin menyatakan akibat pemblokiran itu sejumlah investor asing berencana menarik diri dari Indonesia. “Investor antara lain berasal dari Jepang, Korea, dan Taiwan,” kata Muhaimin saat bernegosiasi dengan buruh di pintu tol Cikarang Barat.

Sementara Kapolda Metro Jaya Irjen Untung S. Rajab mengatakan jika buruh tetap memaksa menutup tol dan melumpuhkan kawasan industri, maka imbasnya akan menambah jumlah pengangguran.

“Saya juga senang kalau upah buruh naik, tapi jangan begini caranya (menutup tol),” kata Untung. Untung meminta buruh kembali beraktivitas karena sudah ada jaminan dari pemerintah Upah Minimum Kabupaten Bekasi 2012 sesuai SK yang ditetapkan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

Demo buruh dipicu kemenangan Apindo Kabupaten Bekasi pada Kamis kemarin 26 Januari 2012 di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. Dalam amar putusan, Majelis Hakim memerintahkan agar Gubernur Jawa Barat merevisi SK UMK tahun 2012. Upah buruh batal naik 30 persen menjadi Rp1.491.000.

Demo besar-besaran ini diikuti ratusan ribu buruh. Peserta demo buruh tidak hanya berasal dari karyawan-karyawan perusahaan dari tujuh kawasan industri di Kabupaten Bekasi. Buruh-buruh yang bekerja di perusahaan di luar kawasan industri juga turun ke jalan.

Demo blokade jalur tol Jakarta-Cikampek ini membuat ruas tol ‘gemuk’ itu lumpuh total. Ruas tol sepanjang sekitar 2 kilometer diduduki demonstran dari kedua arah. Massa hanya terlihat tidur-tiduran, berorasi, mengibarkan bendera, sambil meneriakkan tuntutan.

Sumber: VivaNews

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: