Pengurus DPC Desak Mukerwil Dilaksanakan

SEMARANG – Kalangan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jateng mendesak agar musyawarah wilayah (Muswil) segera digelar. Menurut Ketua DPC PKB Grobogan, Nurwibowo, penundaan pelaksanaan Muswil tanpa batas waktu bisa mengganggu konsolidasi partai. ”Konsolidasi partai misalnya pelaksanaan musyawarah pengurus anak cabang (PAC) tak bisa dilaksanakan,” katanya ketika dihubungi, Selasa (28/2/2012).

Penundaan Muswil DPW PKB Jateng, sambung dia, memang sepenuhnya menjadi kewenangan dari DPP, tapi bila tanpa ada kepastian kapan akan dilaksanakan dapat merugikan partai. Dia mengaku tak tahu secara pasti alasan DPP yang secara tiba-tiba hanya kurang tiga hari dari pelaksanaan Muswil di Hotel Patra, Semarang melakukan penundaan. ”Padahal undangan sudah sudah kami terima. Penundaan ini menimbulkan pertanyaan. Apalagi kemudian dari pemberitaan media massa juga dilakukan pembekukan kepengurusan DPW PKB Jateng,” ujarnya.

Seperti diketahui DPP PKB melalui surat Nomor 10045/DPP-03/V/B.1/II/2012 yang ditandatangani Muhaimin Iskandar dan Sekjen DPP PKB, Imam Nahrawi, tertanggal 22 Februari 2012 menunda pelaksnanaan Muswil PKB Jateng yang dijadwalkan Minggu (26/2/2012).

Lebih lanjut Nurwibowo, menyatakan agar jalannya kepengurusan PKB tingkat cabang dan anak cabang tak terganggu supaya segera digelar Muswil. ”Bila tak ada kepastian kapan waktunya dikhawatirkan berdampak pada keberlangsungan pengurus dan kinerja serta program dari DPC dan PAC PKB,” tandasnya.
Terpisah Ketua DPC PKB Cilacap, Muslikhin, menyatakan penundaan Muswil, tanpa alasan yang jelas telah mengganggu proses konsolidasi dan kondusivitas PKB di Jateng. ”Sangat prihatin dengan situasi PKB saat ini yang sebenarnya sudah sudah kondusif malah menjadi kekacauan,” ujar dia dalam rilis kepada wartawan di Semarang. Muslikhin menduga penundaan Muswil tersebut, karena adanya kepentingan DPP terhadap calon ketua umum DPW PKB Jateng mendatang. ”Seharusnya DPP dapat bijak dalam mengambil segala keputusan partai,” kata dia.

Sebelumnya menurut mantan Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB, Arifin Junaidi, Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar tak menginginkan incumbent Abdul Kadir Karding kembali menjadi Ketua DPW PKB Jateng. “Muhaimin Iskandar sudah tak menginginkan Karding mempimpin PKB Jateng, sehingga Muswil DPW PKB pada Minggu (26/2/2012) ditunda, karena menghendaki asal bukan Karding (ABK). Jadi sekarang ini ada gerakan ABK,” katanya.

Sumber: Solo Pos

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: