PKB Jateng: Muswil 26 Januari Sebagai Ajang Rekonsiliasi dan Konsolidasi

Semarang – Musyawarah Wilayah (Muswil) Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Tengah akan digelar di Semarang, Minggu (26/2). Kepastian tersebut disampaikan Ketua Steering Committee Jamal Yazid dan Ketua Organizing Committee Sukirman, Senin (23/1).

Muswil yang kali ini mengusung tema “Membangun Kebersamaan, Meraih Kemenangan Pemilu 2014” itu merupakan agenda konsolidasi rutin lima tahunan bagi PKB. Di dalamnya akan dibahas evaluasi, rekomendasi politik, sekaligus pemilihan ketua dan penyusunan pengurus untuk lima tahun yang akan datang.

Menurut Jamal Yazid, diselenggarakannya muswil sebelum Pemilu 2014 ini jelas mempunyai harapan besar, sesuai dengan tema kali ini. Muswil akan didorong untuk menjawab dan menyelesaikan berbagai persoalan dan dinamika yang terjadi di PKB Jawa Tengah selama ini.

“Pascadinamika internal yang cukup panjang, harus diakui beberapa komponen penting di PKB Jawa Tengah tercerai berai. Untuk itu, muswil akan menjadi sarana menyatukan kembali komponen-komponen penting partai, baik struktural maupun kultural,” tandas Jamal.

Karena itu, dia berharap ada terobosan-terobosan penting dalam muswil nanti. Antara lain, melakukan evaluasi total dan memberikan rekomendasi politik serta keputusan-keputusan yang berperspektif.

“Intinya muswil harus berani mengumpulkan kembali balung pisah, membangun partai dengan kebersamaan, dan menghilangkan sekat-sekat perbedaan. Muswil akan merekomendasikan bahwa ajang kebersamaan menjadi syarat mutlak membangun partai. Tidak akan ada lagi faksi-faksi,  kelompok-kelompok, ataupun persaingan antar-kroni,” tegas Jamal yang juga Ketua FPKB DPRD Jateng ini.

Hal senada diungkapkan Ketua Organizing Committee Sukirman. Menurut dia, Pemilu 2014 yang tinggal 2,5 tahun lagi menjadi momentum penting bagi PKB. Kompetisi yang sangat berat harus dilalui dengan kebersamaan. Tanpa kebersamaan dan rekonsiliasi total, mustahil PKB akan berbuat banyak dalam pemilu. Muswil akan memutuskan ke arah sana. “Kuncinya kebersamaan dan rekonsiliasi,” tuturnya.

Indikator kesuksesannya, imbuh Sukirman, dilihat dari sisi penyelenggaraan dan produk keputusan muswil. “Muswil akan diikuti seluruh pengurus DPC PKB (cabang) dari 35 kabupaten/kota, serta badan otonom PPKB dan Garda Bangsa,” ungkap Sukirman yang juga Sekretaris Komisi C DPRD Jateng ini.

Sumber: SuaraMerdeka

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: