PKB Mematangkan Seleksi Caleg 2014-nya

JAKARTA – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menggelar musyawarah pimpinan nasional (muspimnas) untuk membahas sekaligus mematangkan mekanisme penyusunan daftar calon anggota legislatif (caleg) DPR dan DPRD 2014–2019.

Muspimnas digelar di Kabupaten Cianjur,Jawa Barat,Selasa –Kamis (24–26/1). Menurut Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar, salah satu tujuan utama muspimnas adalah memperkuat berbagai strategi pemenangan Pemilu 2014 yang diawali dari pencalegan. PKB menargetkan mampu meraup 10–15% suara pada pemilu legislatif.Pria yang akrab disapa Cak Imin ini mengatakan, dalam muspimnas ini seluruh mesin partai mulai digerakkan agar kinerja nyata bisa lebih ditingkatkan lagi. 

Muspimnas ini sangat penting untuk konsolidasi internal karena melibatkan semua unsur pimpinan partai, baik tingkat nasional, tingkat provinsi,maupun pengurus-pengurus Dewan Syura. Seluruh anggota DPR dan DPRD dari PKB akan hadir berikut para tenaga ahlinya. “Kami juga menegaskan kembali bahwa para kiai hadir dalam muspimnas karena mereka merupakan simpul-simpul perekat massa di daerah,” ujar Cak Imin.

Dia menambahkan, dalam proses rekrutmen caleg 2014, PKB akan terbuka pada semua kalangan termasuk wartawan dan kalangan profesional lainnya.“ Kalangan artis juga sudah banyak yang siap.Ada sekitar 20 orang,” sebut menteri tenaga kerja dan transmigrasi ini. Cak Imin mengungkapkan, PKB sudah menyediakan tempat bagi caleg dari partai lain terutama figur yang berbasis Nahdlatul Ulama (NU).

Sementara itu,Ketua DPP PKB Abdul Malik Haramain mengatakan,muspimnas akan menjadi momen penting bagi PKB karena pesertanya adalah para pengambil dan pelaksana kebijakan partai dari pusat hingga daerah. “Dalam muspimnas ini akan terjadi konsolidasi orga-nisasi secara nasional. Bahkan ada langkah konkret tentang petunjuk pelaksanaan pencalegan DPR dan DPRD,”ujarnya.

PKB, lanjut dia, akan membuat standar persyaratan caleg mencakup pendidikan minimal, pengalaman, kapasitas, dan kapabilitas yang terukur. “Penyusunan caleg yang baik adalah bagian dari upaya memenangi Pemilu 2014. Ini tak bisa dilepaskan,”katanya.

Sumber: Seputar Indonesia

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: