Prof. Dr. H. Ahmadi Hasan, M.Hum

Kliping Pemikiran Islam, Ditulis oleh

Prof. Dr. H. Ahmadi Hasan, M.Hum dilahirkan di Banjarmasin tanggal 6 April 1958 dari pasangan suami isteri H. Hasan dan Nurasih. Bersama isteri dan anak-anaknya H. Ahmadi tinggal serumah di Jalan Bumi Jaya Komplek Bumi Bangun Benua No.29 RT 10 Kelurahan Pemurus Baru Banjarmasin.

Ahmadi Hasan yang kini menyandang Guru Besar Hukum Islam pada Fakultas Syariah dan menjabat Direktur Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin ini menempuh pendidikan seperti: Tamat SDN Pekapuran Banjarmasin, 1971; Tamat PGAN 4 Tahun Balikpapan, 1976; Tamat PGAN 6 Tahun Banjarmasin, 1979/1980; Tamat Sarjana Muda Fak. Syari’ah IAIN Antasari Banjarmasin, 1983; Tamat Sarjana Lengkap Fak. Syari’ah IAIN Antasari Banjarmasin, 1985; Tamat Magister (S-2) Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, 1997; dan Tamat Doktor (S-3) Ilmu Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, 2007.

Setelah menempuh hidup berumah tangga dengan isteri yang dicintainya, Dra. Herawaty Diah kelahiran Sungai Raya, Kandangan Hulu Sungai Selatan 12 Maret 1963. Pasangan suami isteri ini dikaruniai tiga orang anak, dua putera dan satu puteri, yaitu M. Abdi Rahman, Isna Latifa Dinar dan Ahmad Azhar Yasir.

Karir Ahmadi Hasan dimulai dari staf personil pada Fakultas Syariah IAIN Antasari Banjarmasin, kemudian Sekretaris Jurusan Peradilan Agama (Qadla), Ketua Jurusan Siyasah Jinayah, Pembantu Dekan III Fakultas Syariah hingga menjadi Dekan pada Fakultas yang sama selama 2 periode. Kemudian menjadi Dosen luar biasa di Fakultas Syariah, Uniska Banjarmasin dan dosen tetap di almamaternya sendiri maupun di Pascasarjana IAIN Antasari.
Baca juga:  Ulama Banjar (144): Drs. H. Husain Ahmad
Ada beberapa pengalaman berorganisasi Ahmadi Hasan, yaitu seperti Ketua Komisi Hukum perundang-undangan MUI Kota Banjarmasin tahun 2007-2012. Ketua Majelis Syura Dewan Masjid Indonesia Kota Banjarmasin tahun 2007-2012. Sekretaris DPW Al Jam’iyatul Washliyah Provinsi Kalimantan Selatan, tahun 2007-2012. Ketua Departemen Hukum Dan perundang DPW MDI Provinsi Kalimantan Selatan, tahun 2008-2013.

Ketua Lembaga Konsultasi dan bantuan Hukum Islam fakultas Syari’ah IAIN Antasari tahun 1999-2001. Ketua Divisi ICMI ORWIL Kal-Sel dari 1999 sampai sekarang. Ketua Lembaga Kajian Ke-Islaman dan kemasyarakatan (Lk-3) Banjarmasin tahun 1998. Pembina Pandega gerakan pramuka IAIN Antasari Banjarmasin tahun 1997 sampai sekarang. Pendiri dan Pengurus (Sekretaris) Pusat Pengajian Agama dan Perubahan Sosial (PPA-PS) Banjarmasin. Pendiri dan Pengurus Yayasan Pemberdayaan Insani(YPI) Banjarmasin 2007.

Selain sebagai dosen dan aktif di berbagai organisasi, Ahmadi Hasan juga aktif menulia; karena itu tidak heran jika ada puluhan karyanya yang dimuat di jurnal maupun media massa cetak. Di samping itu ada pula di antaranya yang sudah diterbitkan dalam bentuk buku, yaitu seperti: Adat Badamai Interaksi antara Hukum Islam dengan Hukum Adat. Kemudian buku Membangun Keluarga Sakinah.

Ahmadi Hasan juga sering tampil sebagai khatib di beberapa masjid dalam kawasan kota Banjarmasin dan sekitarnya. Bahkan juga tidak jarang diundang untuk menjadi pemakalah, pembicara dalam berbagai forum ilmiah, dalam hal ini baik sebagai nara sumber maupun pembanding.
Baca juga:  Mochtar Lubis (3): Penggerak Buku dan Indonesia

Artikel ini di kliping dari Alif.id sebagai kliping/arsip saja. Segala perubahan informasi, penyuntingan terbaru dan keterkaitan lain bisa dilihat di sumber.