Alpine Linux 3.15 Dirilis dengan Linux 5.15 LTS, GNOME 41, dan Dukungan Boot Aman UEFI


Tim pengembangan Alpine Linux hari ini merilis Alpine Linux 3.15 sebagai versi stabil terbaru dari distribusi GNU/Linux yang ringan dan berorientasi keamanan ini berdasarkan libc musl, OpenRC, dan BusyBox.

Alpine Linux 3.15 hadir lebih dari lima bulan setelah Alpine Linux 3.14 hingga menyediakan mereka yang ingin menggunakan distribusi berorientasi keamanan ini di komputer mereka. Seperti yang dapat Anda bayangkan, ini adalah pembaruan besar dan merupakan rilis pertama Alpine Linux yang didukung oleh seri kernel Linux 5.15 LTS terbaru dan terhebat. ) arsitektur, dukungan untuk enkripsi disk di penginstal, dukungan untuk modul kernel out-of-tree melalui AKMS (terinspirasi oleh DKMS), modul kernel terkompresi gzip, dan SimpleDRM sebagai driver framebuffer internal-kernel default untuk boot bebas flicker.

On di atas fitur-fitur baru ini, Alpine Linux 3.15 hadir dengan beberapa teknologi GNU/Linux terbaru dan perangkat lunak Open Source, termasuk lingkungan desktop GNOME 41 dan KDE Plasma 5.23 (tersedia untuk instalasi di arsip), LLVM 12, XOrg Server 21.1, Rust 1.56, Ruby 3.0, Kea 2.0, Node.js 16.13, OpenLDAP 2.6, PostgreSQL 14, serta OpenJDK 17.

Di antara perubahan penting lainnya, Alpine Linux 3.15 menambahkan dukungan untuk instalasi simultan dari beberapa versi utama Post reSQL untuk memfasilitasi peningkatan, menghapus qt5-qtwebkit dan paket terkait, tidak menggunakan port MIPS64, menggunakan kunci RSA 4096 bit baru untuk tanda tangan paket, dan tidak lagi mengaktifkan penerusan IPv6 untuk radvd.

Anda dapat mengunduh Alpine Linux 3.15 sekarang juga dari situs web resmi, di mana Anda dapat memilih dari rasa Standard, Extended, Netboot, Raspberry Pi, Generic ARM, Mini Root Filesystem, Virtual, dan Xen untuk 64-bit, 32-bit, AArch64 (ARM64), PowerPC 64-bit Little Endian (ppc64le), dan IBM System z (s390x) architectures.

Pengguna Alpine Linux 3.14 yang ada akan dapat meningkatkan instalasi mereka ke versi baru menggunakan perintah upgrade –available apk. Untuk detail lebih lanjut, lihat halaman pengumuman rilis.

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: