Alternatif CentOS Rocky Linux 8.5 Keluar Sekarang dengan Dukungan Boot Aman, Komponen yang Diperbarui


The Rocky Enterprise Software Foundation dengan bangga mengumumkan hari ini ketersediaan umum Rocky Linux 8.5 sebagai alternatif CentOS gratis dan open-source lainnya berdasarkan Red Hat Enterprise Linux.

Berasal dari Red Hat Enterprise Linux 8.5, Rocky Linux 8.5 hadir untuk memperkenalkan fitur penting untuk adopsi massal alternatif CentOS Linux ini, yaitu Secure Boot support.

Ini adalah rilis pertama Rocky Linux yang menyertakan shim Boot Aman bertanda tangan Rocky Linux resmi, tetapi pengguna perlu memvalidasinya untuk memastikan bahwa itu diaktifkan dengan benar. Dengan demikian, pengembang meminta pengguna untuk menjalankan beberapa perintah setelah menginstal Rocky Linux 8.5.
sudo dnf install -y keyutilssudo keyctl show %:.platformsudo mokutil –sb
“Ada banyak pekerjaan dan kolaborasi yang dilakukan dalam rilis ini. Tim Rekayasa Rilis Rocky melangkah lebih jauh dan melampaui panggilan tugas untuk membuat 8.5 menjadi kenyataan dengan begitu cepat,” kata pengembang Gregory Kurtzer.

Selain dukungan Boot Aman, rilis Rocky Linux 8.5 beralih ke plugin DNF FastestMirror untuk menyediakan pengguna dengan mirror tercepat selama instalasi jaringan, yang berarti bahwa tidak perlu URL Repositori saat menggunakan media Boot-only.

Selain itu, pengguna sekarang akan menemukan klien email open-source Mozilla Thunderbird dengan dukungan PGP dan server-openldap di plus repositori, serta kernel rasperrypi2 untuk dukungan AArch64 spesifik Raspberry Pi di repositori rockypi.

Rilis ini juga membawa modul baru, termasuk Ruby 3.0, nginx 1.20, dan Node.js 16, serta komponen yang diperbarui dari Red Hat Enterprise Rilis Linux 8.5, termasuk GCC 11, LLVM 12.0.1, Rust 1.54.0, Go 1.16.7, PHP 7.4.19, Squid 4.15, Mutt 2.0.7, OpenJDK 11.0.13 and 8.0.312, dan banyak lainnya.

It juga mewarisi banyak fitur-fitur baru dan peningkatan dari RHEL 8.5, seperti konsol web Cockpit yang disempurnakan, dukungan yang lebih baik untuk aplikasi kemas, peran sistem baru, dukungan Network Time Security (NTS) untuk NTP, dan dukungan untuk OpenJDK 17.

Anda dapat mengunduh Rocky Linux 8.5 sekarang dari situs web resmi sebagai gambar DVD (Penuh), Minimal atau Boot ISO untuk arsitektur perangkat keras 64-bit (x86_64) dan AArch64 (ARM64). Pengguna Rocky Linux 8.4 yang ada hanya perlu memperbarui instalasi mereka dengan menjalankan perintah sudo dnf -y upgrade di terminal emulator.
Download Rocky Linux 8.5
Kredit gambar: Rocky Enterprise Software Foundation (diedit oleh Marius Nestor)

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: