Anda Sekarang Dapat Meng-upgrade Ubuntu 21.04 ke Ubuntu 21.10, Begini Caranya


Ubuntu 21.10 keluar hari ini, jadi pengguna Ubuntu 21.04 mungkin ingin memutakhirkan instalasi mereka ke rilis baru. Dan, untuk itu, berikut adalah tutorial langkah demi langkah dengan screenshots.

Dubbed Impish Indri, Ubuntu 21.10 memperkenalkan beberapa fitur dan peningkatan baru, seperti kernel Linux 5.13 untuk dukungan perangkat keras yang lebih baik, lingkungan desktop GNOME 40, sesi Wayland diaktifkan untuk GPU NVIDIA pengguna, serta aplikasi dan internal yang diperbarui dengan teknologi GNU/Linux terbaru.

Ubuntu 21.04 “Hirsute Hippo” hanya didukung selama sembilan bulan, hingga Januari 2022, jadi Anda mungkin ingin meningkatkan ke rilis baru, Ubuntu 21.10 dalam versi ini case, yang didukung selama sembilan bulan lagi, hingga Juli 2022.

Tapi, sebelum memutakhirkan instalasi Ubuntu 21.04 Anda, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa semuanya mutakhir dengan menginstal semua pembaruan yang tersedia menggunakan utilitas Ubuntu Updater atau dengan menjalankan sudo apt update && sudo apt full-upgrade command di Terminal app.

Setelah Anda menginstal semua pembaruan yang tersedia dan mem-boot ulang komputer Anda, Anda dapat memulai proses peningkatan dengan menjalankan pembaruan- manager -c perintah di aplikasi Terminal. Atau, Anda dapat menekan ALT+F2 keyboard shotcut dan paste atau ketik perintah di sana. Anda akan melihat pemberitahuan bahwa Ubuntu 21.10 sekarang tersedia.

Klik tombol “Upgrade” pada dialog itu dan Anda akan diminta oleh dialog yang lebih besar dengan informasi lebih lanjut tentang rilis Ubuntu 21.10 “Impish Indri”. Di jendela baru, klik tombol “Tingkatkan” untuk memulai proses peningkatan, yang akan memakan waktu hingga satu jam atau lebih untuk diselesaikan.

Selama seluruh proses peningkatan, Anda akan melihat dialog pada gambar di bawah, jadi ikuti saja petunjuk di layar hingga proses peningkatan selesai.

Tetapi sebelum peningkatan yang sebenarnya dimulai, Anda akan dipromosikan oleh dialog yang menunjukkan ringkasan paket yang akan ditingkatkan, diinstal, dan dihapus. Klik tombol “Mulai Peningkatan” untuk memulai proses peningkatan yang sebenarnya!

Anda juga akan diberi tahu bahwa layar kunci telah dinonaktifkan dan akan tetap dinonaktifkan hingga Anda me-reboot komputer Anda. Klik tombol “Tutup” pada notifikasi untuk menutup dialog untuk melanjutkan pemutakhiran.

Setelah semua pemutakhiran diinstal, Anda akan ditanya apakah Anda ingin menyimpan atau menghapus paket usang. Rekomendasi saya di sini adalah untuk melihat daftar paket usang dan memutuskan apakah Anda ingin menyimpan atau menghapusnya dari sistem Anda.

Ketika proses upgrade selesai, Anda akan diminta untuk me-restart komputer Anda, tapi jangan lupa simpan pekerjaan Anda sebelum melakukannya.

Itu dia! Anda sekarang menjalankan Ubuntu 21.10 (Impish Indri), jadi nikmati fitur-fitur barunya!

Sumber: Google, 9to5linux.com

Wagiman Wiryosukiro

Petani Sistem Informasi, tukang las plugin & themes Wordpress. Co-Founder SistemInformasi.biz. Saat ini aktif sebagai Developer & kontributor di OpenMandriva Linux.

You may also like...

%d bloggers like this: